Artikel Terbaru

Mengenal Tentang E-Book?



Sekarang ini orang mengenal dengan yang namanya E-book yang merupakan kepanjangan dari Electronic Book atau buku elektronik, buku digital. Yang namanya E-book ini tidak lain adalah sebuah bentuk buku yang dapat dibuka secara elektronis via komputer. Dan E-book ini berupa file dengan format bermacam-macam, ada yang berupa file pdf (portable document format) yang dapat dibuka dengan program Acrobat Reader atau sejenisnya. Ada juga yang dengan bentuk format html, yang dapat dibuka dengan browsing secara offline. Ada juga yang berbentuk format exe, word, text dll. 

Saat ini kebanyakan e-book menggunakan bentuk format pdf. Karena lebih mudah dalam mempergunakannya dan mudah dalam mengolah security. dimana pembuatannya menggunakan menggunakan program seperti  Pdf955 ,PrimoPDF, PDFCreator CutePDF Writer, OpenOffice dll, yang mana yang lebih user friendly ? itu tergantung pada anda sendiri tentunya dengan memperhitungkan kebutuhan fitur-fitur yang akan digunakan. Kelebihan file .pdf ini menurut saya pribadi ukurannya filenya kecil bahkan dapat dioptimasikan untuk image-image yang di-embed di dalamnya, nyaman dibaca/diprint, dan yang paling penting ada fasilitas setting menggunakan kode sandi baik dalam pembacaan, editing, ataupun untuk dicetak.

Dengan hadirnya e-book ini, maka para pembaca dimudahkan untuk tidak menyimpan buku favoritnya dalam bentuk fisik atau buku konvensional dan juga memudahjkan bagi para penulis dalam menyebarkan tulisannya, karena melalui e-book ini seseorang tidak perlu lagi datang ke penerbit hanya sekedar menginginkan tulisannya dapat diterbitkan. Apabila penulis ingin menjual atau mempublikasikan tulisannya dengan adanya media e-book ini adalah jalan pintasnya dan berlaku bagi para pembaca buku di internet.




Sebuah E-book, sebagaimana didefinisikan oleh Oxford Kamus bahasa Inggris, adalah versi elektronik dari buku cetak yang dapat dibaca pada komputer pribadi atau perangkat genggam yang dirancang khusus untuk tujuan ini. E-book didedikasikan bagi mereka  para  pembaca media elektronik atau perangkat e-book baik melalui komputer atau bisa juga melalui ponsel yang dapat digunakan untuk membaca buku elekronik ini.

Beberapa kelemahan dari e-book diantaranya:
1. Terdapat berbagai format, yg terlihat dengan extension filenya : txt, doc, pdf, chm, dejavue, iSilo dll
2. Karena berbagai format, baik untuk membuatnya maupun untuk membukanya menggunakan aplikasi yang berbeda-beda. Misal untuk format PDF, untuk membacanya umumnya menggunakan Acrobat dari Adobe. Untuk membuatnya menggunakan aplikasi sejenis PDF writer.
3. Tidak semua format memiliki security yang baik. Misal txt, sangat terbuka. Sedangkan pdf sudah ada security yg baik. Security berguna untuk perlindungan hak cipta.
4. Tidak semua format tersedia dalam setiap platform OS. Misal format dari Microsoft, hanya bisa dibaca dengan Microsoft Reader yang jalan di platform Microsoft juga misal Windows. Format PDF sudah tersedia diberbagai platform OS.
5. Ada format yang bagus di PC desktop, misalnya PDF, tapi repot/berat ketika digunakan dengan mobile gadget seperti PDA atau handphone. Format iSilo lebih cocok untuk mobile gadget.
6. Ada format yang dibuat sebagai aplikasi misal dengan Flash. Namun dalam   pendistribusiannya menjadi rentan di-infeksi/disisipi virus.
7. Secanggih apapun format security ebook, karena digital, ia tetap bisa dibongkar, terutama oleh para hacker.


(source image:www.dietkamikaze.com  -  www.pkc.gov.uk)

0 Response to "Mengenal Tentang E-Book?"

Post a Comment

Blog flamboyan68.blogspot.com
Apabila anda ingin mendapatkan artikel terbaru dari blog flamboyan68 lewat pesan email gratis. Silahkan tulis alamat email anda di kotak yang tersedia bawah ini


Supported by Blogaul

Sobat Blogger