Artikel Terbaru

Definisi Hoax

Pengertian ataupun definisi hoax adalah usaha untuk memperdaya orang-orang agar mempercayai sesuatu yang salah adalah benar.
Hoax adalah email peringatan, nasehat palsu, berita bohong atau berita palsu yang biasanya diakhiri dengan himbauan agar menyebarkannya seluas-luasnya! Hoax beredar di mana saja: email, bulettin friendster, Yahoo Messenger, bahkan SMS.
Dalam urutan ‘penyampah internet’, menurutku hoax berada setingkat lebih parah daripada spam. Orang membuat spam untuk sekedar mencari makan, mungkin untuk anak-istrinya atau keluarganya. Sedangkan orang membuat hoax tak lain hanyalah untuk kepuasan pribadi : berhasil membohongi orang banyak. (Junk mail tergolong sampah jinak).

Membuat hoax tidak menjadikan seseorang mendapatkan keuntungan apapun, kecuali kesenangan semu karena ‘hasil karya’nya beredar luas di internet. Sementara itu, ribuan bahkan jutaan orang yang bekerja pada industry yang berkaitan mengalami kerugian karena productnya tiba-tiba saja tidak laku. Sementara ribuan orang yang lain mengalami kecemasan (fraud) akibat membaca HOAX tersebut. Oleh karena itu dalam menerima informasi hendaknya dilakukan Cross-Check terlebih dahulu terhadap kebenaran isi pesan tersebut, jangan langsung percaya, apalagi langsung memforwardnya & yang paling penting, memakai logika atau nalar kita.

Hoax itu bisa juga di SMS, misalnya seperti pada hari raya, lalu anda mendapatkan sms yang berisi kata2 serta dibilang jika tidak melanjutkan memforwardnya maka anda akan terkena sial, tapi jika anda memforwardnya minimal kebeberapa nomor, maka anda akan mendapatkan pahala, lalu disertai kesaksian2 bahwa si A kena sial karena tidak memforward, lalu si B dapet pahala karena memforward & Yang diuntungkan jelas provider karena akan ada rantai bercabang terus menerus.
Hoax tidak harus berhubungan dengan dunia komputer, boleh kesehatan, keuangan, kemanusiaan, atau bahkan tentang cuaca. Bisa jadi yang sepele tapi setiap hari digunakan orang, & tujuannye buat nakut2in orang, ciri2nye yaitu dengan membuat keyakinan pembaca agar seperti beneran & logis contohnye yaitu dengan menggunakan istilah2 ilmiah, mencampurkan informasi yang benar & kebohongannya, memberikan data-data berupa angka, menambahkan alamat kantor berita di internet, memberikan “Solusi” yang ngga kalah gebleknye, menambahkan kata-kata ajaib dengan memberikan kesaksian palsu, & memberikan efek forward misalnye seperti boleh dapet dari millis yang berkaitan, kalangan eksklusif, & atau dari profesional or para ahli. Intinye bikin gossip yang bikin orang pade percaya!

Dewasa ini kita seringkali menerima email yang memperingatkan akan adanya ancaman dari suatu virus komputer, atau warning sejenis lainnya. Namun demikian, seringkali warning ini tidaklah benar adanya, melainkan sekedar ingin membuat orang menjadi cemas dan panik. Warning semacam ini diistilah sebagai “HOAX“. Hoax didefinisikan sebagai berita palsu yang memanfaatkan iktikad baik pembaca, sehingga berita tersebut disebarluaskan sehingga lalu lintas peredaran data di internet menjadi makin padat.

Ciri-ciri dari hoax sebagai berikut :
1.Didistribusikan via email, & seringkali memanfaatkan media mailing list.
2.Isinya berisi pesan yang membuat cemas, panik para pembacanya.
3.Diakhiri dengan himbauan agar si pembaca segera memforwardkan warning tsb. ke forum yang lebih luas.
4.Biasanya pengirim awal hoax ini tidak diketahui identitasnya.
Pada intinya ya kita semua  jika sudah dewasa berarti sudah mampu membaca ciri-ciri mana yang HOAX atau bukan ! so jangan mudah percaya terhadap berita-berita sampah. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa

(Sumber : Hoax (http://www.art.itb.ac.id/antosan/  -  image:theonlynelly.com)

2 Responses to "Definisi Hoax"

Unknown said...

Bagus banget artikelnya sob.. tp ini bukan HOAX sob ya ??? hehehe...

Unknown said...

terima kasih sobat sudah mampir ke gubuk reyoot sy..hehe.sukses u/ sobat.

Post a Comment

Blog flamboyan68.blogspot.com
Apabila anda ingin mendapatkan artikel terbaru dari blog flamboyan68 lewat pesan email gratis. Silahkan tulis alamat email anda di kotak yang tersedia bawah ini


Supported by Blogaul

Sobat Blogger