Artikel Terbaru

TAHAPAN DALAM DUNIA HACKER





Apabila anda sering surfing di dunia maya alias internet tentunya tidak asing dengan yang namanya hacker, dan tidak semua tahu termasuk saya  mengenal mengenai sepak terjang hacker. Dan kita tahunya bahwa hacker itu merusak dan senantiasa mengincar keamanan kita dalam beraktivitas internet ria, tapi pada kenyataannya ada pula hacker yang berattitude baik. Dalam kesempatan ini saya memposting dari berbagai sumber tentang tahapan-tahapan dalam dunia hacker. Tadinya saya mencari sumber artikel mengenai seluk beluk hacker untuk diposting mungkin untuk postingan selanjutnya, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda, saya dan tentunya semua orang dong...   

Pengertian Hacker itu sendiri adalah seseorang yang memiliki kemampuan pada komputer dan sistem jaringan, kemampuan standar yang dimiliki seorang hacker adalah core programming dan network specialist. Hacker merupakan pengguna komputer yang mampu masuk ke dalam sistem komputer melalui jaringan, baik untuk keperluan monitoring (melihat sistem), copying (pengambilan atau pencurian data), atau crashing (merusak sistem komputer) targetnya.  

Orang  yang mempunyai  hobi  besar terhadap sistem komputer,  mempelajarinya  secara  detail dan terus menerus meningkatkan kapabilitasnya dalam bidang komputer.  Besarnya hobi  yang dimiliki oleh seorang Hacker tentu dapat dijadikan motivasi yang sangat kuat  untuk memiliki keahlian atau skill dalam  penguasaan sistem komputer  yang tentunya berkemampuan  di atas rata-rata orang biasa.
Dalam dunia "UNDERGROUND" (beroperasi secara sembunyi-sembunyi/dalam lingkungan Internet, suatu aktivitas yang tidak terlihat identitasnya). Orang yang menjadi Hacker biasanya melalui tahapan berikut ini :

5. Lamer atau Mundane Person
Mereka adalah orang tanpa pengalaman & pengetahuan yang ingin menjadi Hacker (wanna-be Hacker). Mereka biasanya membaca atau mendengar tentang Hacker & ingin seperti itu. Penggunaan komputer mereka terutama untuk main game, IRC, tukar menukar software prirate, mencuri kartu kredit. Biasanya melakukan hacking menggunakan software trojan, nuke & DoS. Biasanya menyombongkan diri melalui IRC channel dsb. Karena banyak kekurangannya untuk mencapai elite, dalam perkembangannya mereka hanya akan sampai level developed kiddie atau script kiddie saja.
Inilah tahap dasar seorang Hacker. Seseorang pada ingkatan ini pada dasarnya tidak tahu sama sekali tenang dunia hacker dan langkah-langkahnya. Walaupun Ia memiliki komputer an akses internet. Ia hanya tahu, bawa yang namanya Hacker itu membobol sistem komputer dan melakukan hal-hal yang negatif ( tindak kejahatan).

4. Script Kiddie atau Lamer 

Seperti developed kiddie, Script Kiddie biasanya melakukan aktifitas di atas. Seperti juga Lamers, mereka hanya mempunyai pengetahuan teknis networking yang sangat minimal. Biasanya tidak lepas dari GUI. Hacking dilakukan menggunakan trojan untuk menakuti & menyusahkan hidup sebagian pengguna Internet. Seseorang pada tingkatan ini masih dibingungkan oleh seluk beluk Hacking, sama seperti cara-cara Warez (dalam dunia Underground berarti menggandakan perangkat lunak secara ilegal). Sudah mencoba belajar, tetapi pengetahuannya masih minim. Sudah bisa mengirimkan Trojan (yang dibuat orang lain) atau pada komputer orang lain ketika melakukan obrolan pada IRC (Internet Relay Chat) atau ICQ (berasal dari kata "I Seek You". Aplikasi untuk Chatting dengan pertukaran file dan pengiriman SMS) dan menghapus file-file mereka. Padahal, Ia sendiri tahu persis bagaimana Trojan mereka. Biasanya seseorang yang sukses menjadi Hacker bisa melalui tahapan ini dengan cepat tanpa harus melompatinya.

3. Developed Kiddie atau Wannabe
Sebutan ini terutama karena umur kelompok ini masih muda (ABG) & masih sekolah. Mereka membaca tentang metoda hacking & caranya di berbagai kesempatan. Mereka mencoba berbagai sistem sampai akhirnya berhasil & memproklamirkan kemenangan ke lainnya.Umumnya mereka masih menggunakan Grafik User Interface (GUI) & baru belajar basic dari UNIX, tanpa mampu menemukan lubang kelemahan baru di sistem operasi. Tahapan yang dilalui oleh mereka yang menjadi Hacker. Pada tingkatan ini seseorang sudah mengetahui bahwa melakukan tindakan Hack itu lebih dari sekedar menerobos masuk ke komputerorang lain. Ia lebih menganggap hal tersebut sebagai sebuah filsafat atau way of life. Akhirnya, Ia ingin tahu lebih banyak lagi. Mulai mencari, membaca dan mempelajari tentang metode-metode hacking dari berbagai sumber.

2. Semi Elite atau Larva
Hacker pada tingkatan ini biasanya lebih muda dari pada Elite. Mereka juga mempunyai kemampuan & pengetahuan luas tentang komputer. Mereka mengerti tentang sistem operasi (termasuk lubangnya). Biasanya dilengkapi dengan sejumlah kecil program cukup untuk mengubah program eksploit. Banyak serangan yang dipublikasi dilakukan oleh Hacker kaliber ini, sialnya oleh para Elite mereka sering kali di kategorikan Larva. Tahapan yang dilalui oleh mereka yang menjadi Hacker. Disebut juga "NEWBIE". Pada tekhnik ini, Ia sudah memiliki dasar-dasar tekhnik Hacking. Dengan mencoba menerobos masuk ke sistem orang lain hanya untuk mencoba apa yang telah dipelajari. Meskipun, pada tingkatan ini mengerti bahwa ketika melakukan Hacking, tidak harus merusak sistem/menghapus apa saja jika hal itu tidak lagi diperlukan untuk menghilangkan jejak.

1. Hacker atau Elite
Juga dikenal sebagai 3l33t, 3l337, 31337 atau kombinasi dari itu; merupakan ujung tombak industri keamanan jaringan. Mereka mengerti sistemoperasi luar dalam, sanggup mengkonfigurasi & menyambungkan jaringan secara global. Sanggup melakukan pemrogramman setiap harinya. Sebuah anugrah yang sangat alami, mereka biasanya effisien & trampil, menggunakan pengetahuannya dengan tepat.
 Mereka seperti siluman dapat memasuki sistem tanpa di ketahui, walaupun mereka seharusnya tidak akan menghancurkan data-data. Karena mereka selalu mengikuti peraturan yang ada. Ini adalah tingkatan tertinggi. pada tingkatan ini seorang Newbie sudah menguasai apa pun dan melewati tantangan apa pun dalam dunia sistem pertahanan dunia maya. tapi jika anda berada di posisi ini, jadilah hacker beraliran putih yang memajukan dunia sistem informatika.

(Sumber: id.shvoong.com, unikboss.blogspot.com,pernakpernik.net  -  image:djsamm88.at.ua)

0 Response to "TAHAPAN DALAM DUNIA HACKER"

Post a Comment

Blog flamboyan68.blogspot.com
Apabila anda ingin mendapatkan artikel terbaru dari blog flamboyan68 lewat pesan email gratis. Silahkan tulis alamat email anda di kotak yang tersedia bawah ini


Supported by Blogaul

Sobat Blogger