Artikel Terbaru

Cara Merawat Gigi


Posted by Denie Deden_Nz



Gigi merupakan organ bagian tubuh yang sangat penting fungsinya, selain memperindah penampilan seseorang. Dibalik pentingnya fungsi gigi tentu saja diperlukan sebuah perawatan yang baik dan teratur . Lalu bagaimana cara merawat gigi yang efektif sehingga gigi kita selalu tampak indah dan sehat.
Di bawah ini ada beberapa cara untuk merawat gigi yang efektif dan bisa dipraktekan langsung oleh anda dan tentunya juga sebagai pengetahuan kita dalam merawat gigi, antara lain  ;
  1. Pilihlah sikat gigi yang pas dan baik bagi Anda
    Pemilihan sikat gigi sangat penting dalam  merawat gigi. Sikat yang terlalu kasar dan besar bisa merusak gusi gigi Anda maka pilihlah sikat yang berimbang pas dengan kondisi gigi Anda.
  2. Menyikat gigi sekurang-kurangnya 2X sehari
    Biasakan menyikat gigi sesudah makan, dan alangkah baiknya jika menyikat gigi 3 kali sehari sebelum tidur.
  3. Biasakan menyikat bagian lidah untuk  menghilangkan bakteri yang menempel dari sisa-sisa makanan.
  4. Pilihlah pasta gigi yang mengandung Fluoride
    Fluoride berperan dalam mencegah gigi berlubang.
  5. Berkumurlah dengan obat kumur
    Obat kumur mampu memberikan proteksi lebih pada gigi Anda dan juga bisa membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan.
  6. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang berperan sebagai pemutih gigi alami
    Seperti sayuran dan buah. Bahan-bahan alami yang efektif dalam hal membersihkan gigi di antaranya apel, seledri, dan wortel.
  7. Usahakan untuk selalu memakai Dental Floss
    Apabila sisa-sisa makanan masih belum mampu dibersihkan dengan menggosok gigi. Ada baiknya Anda menggunakan Dental Floss. Yaitu sejenis benang gigi yang digunakan untuk membersihkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi yang sulit dijangkau dengan sikat gigi.
  8. Hindarilah mengkomsumsi makanan yang terlalu dingin atau panas
    Mengkonsumsi makanan yang masih  panas atau  dingin dapat menjadi penyebab keretakan gigi dan merusak sensitivitas gigi. Akan lebih sehat jika  menunggu makanan  hangat terlebih dahulu sebelum di makan.
  9. Rutin dalam mengganti sikat gigi
    Sikat gigi adalah alat esensial dalam membersihkan gigi. Waktu Anda menggosok gigi, ada jutaan bakteri yang berpindah dari gigi anda ke sikat gigi. Bakteri-bekteri-tersebut dapat bertahan pada sikat gigi sampai 48 jam apabila sikat gigi Anda tidak mengering. SIkat gigi juga sangat rentan dengan pencemaran udara di toilet. Oleh karena itu dokter gigi merekomendasikan untuk mengganti sikat gigi secara rutin tiga bulan sekali.
  10. Periksakan gigi Anda ke dokter gigi secara rutin minimal satu kali dalam 6 bulan, ini minimalnya. Perawatan gigi tidak hanya dilakukan terhadap kerusakan atau luka, tetapi juga bila ada maloklusi gigi anak. Kunjungan secara rutin memungkinkan dokter gigi untuk mendeteksi dan mengoreksi masalah lebih awal.
Sekian dulu postingan kali ini semoga bermanfaat..

0 Response to "Cara Merawat Gigi "

Post a Comment

Blog flamboyan68.blogspot.com
Apabila anda ingin mendapatkan artikel terbaru dari blog flamboyan68 lewat pesan email gratis. Silahkan tulis alamat email anda di kotak yang tersedia bawah ini


Supported by Blogaul

Sobat Blogger