Artikel Terbaru

Cara Memperbaiki Sebuah Harddisk


Posted by Denie Deden_Nz
Selasa 07 Mei 2013

Cara Memperbaiki Sebuah Harddisk

Dalam sebuah komputer peran dari hardware yang satu ini begitu pentingnya sebuah harddisk karena harddisk merupakan perangkat keras atau Hardware dalam sebuah susunan komputer dan berfungsi sebagai storage penyimpanan data. Kita akan di buat pusing jika hardisk kita rusak dan data – data penting yang ada di dalam komputer juga ikut hilang alias raib. Salah satu penyebab rusaknya hardisk bisa diakibatkan seringnya mematikan komputer tanpa perintah yang sesuai aturan petunjuk, terus sering terjadinya mati lampu secara mendadak, tegangan listrik yang tidak stabil, dan selebihnya faktor usia hardisk yang sudah rusak.


Ada salah satu cara yang bisa dipraktekan ataupun patut di coba yaitu Cara Memperbaiki Hardisk dengan menggunakan menu perintah Checkdisk/CHKDSK pada windows. Checkdisk merupakan tool Windows yang berfungsi untuk menguji dan memperbaiki kondisi hardisk. 
Melakukan Checkdisk secara berkala merupakan salah satu cara untuk merawat dan meningkatkan kinerja komputer. Umumnya cukup dengan perintah Checkdisk/CHKDSK ini kita sudah bisa memperbaiki kerusakan pada hardisk seperti bad sector, lost clusters, cross-linked files, dan directory errors

Berikut ini adalah cara membuka Checkdisk pada windows : 1.CHKDSK pada DOS Command Prompt. Klik Run kemudian ketikkan Command atau CMD pada tampilan Command Prompt ketik perintah CHKDSK Drive contoh : CHKDSK D Perintah tersebut akan menjalankan CHKDSK pada Drive D dalam mode read-only. Ketikkan perintah: CHKDSK D:/F  perintah tersebut digunakan untuk me_repairing error tanpa melakukan scanning bad sector. Ketikkan perintah: CHKDSK D:/R  perintah tersebut digunakan untuk me_repairing error, menemukan bad sector dan me-recover data. 2. CHKDSK pada  My Computer.

Silahkan buka Windows Explorer, atau My Computer.
Kenudian klik kanan pada hardisk yang akan di-cek, klik Properties.
Terus klik tab Tools,  lalu pada pilihan Error Checking klik Check Now
Setelah itu jendela Check disk option akan tampil.

  • Untuk menjalankan perintah Chkdsk pada mode read-only mode, klik Start.
  • Untuk me_repairing error pada file systemcheck Automatically fix file system errors,
  • Untuk me_repairing error,  menemukan bad sector dan me_recover data pilih Scan for and attempt recovery of bad sectors,
  • Pada pilihan tersebut anda dapat mencentang kedua pilihan tersebut apabila diperlukan.
Selanjutnya apabila muncul PERINGATAN : Chkdsk cannot run because the volume is in use by another process. Chkdsk may run if this volume is dismounted first. ALL OPENED HANDLES TO THIS VOLUME WOULD THEN BE INVALID. Would you like to force a dismount on this volume? (Y/N) ketik Y dan Enter.

Dan apabila muncul PERINGATAN: Chkdsk cannot run because the volume is in use by another process. Would you like to schedule this volume to be checked the next time the system restarts? (Y/N) Ketik Y, dan ENTER lalu restart komputer untuk menjalankan Scandisk.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat...

0 Response to "Cara Memperbaiki Sebuah Harddisk"

Post a Comment

Blog flamboyan68.blogspot.com
Apabila anda ingin mendapatkan artikel terbaru dari blog flamboyan68 lewat pesan email gratis. Silahkan tulis alamat email anda di kotak yang tersedia bawah ini


Supported by Blogaul

Sobat Blogger