Artikel Terbaru

Mengenal Software Versi Alpha Beta RC Dan Final


Flamboyan68 - Bagi yang sering melakukan unduh / download software tentu tak asing lagi apabila kita menemukan suatu software di suatu halaman website dengan status beta version / version beta. Pengertian sederhana arti versi beta adalah suatu hasil ekpsrimen untuk produk baru yang diluncurkan kepada konsumen sebelum disahkan versi sebenarnya.

Jadi definisi versi beta bisa dikatakan suatu pengenalan produk baru kepada pengguna, yang biasanya istilah versi beta atau beta version lebih mengacu pada perangkat lunak atau suatu website. Dalam masa versi beta, segala masukan dan kritik dari konsumen sangat diperlukan untuk menyempurnakan produk baru tersebut, hingga akhirnya akan dirilis versi sebenarnya atau full version.

Dalam pengembangan suatu produk mempunyai beberapa proses yang harus dijalankan agar nantinya produk tersebut mempunyai kualitas yang baik dan dianggap sudah cocok untuk beredar di pasar. Saya akan ulas secara singkat mengenai tahapan-tahapan prosesnya :

- Tahap Versi Alpha, artinya produk software / perangkat lunak tersebut masih dalam uji coba pihak internal perusahaan.
 
- Tahap Versi Beta, artinya proses pengembangan software ini dapat diuji coba secara gratis atau dengan harga tertentu (diskon) baik diperuntukan buat user tertentu (Closed Beta) ataupun buat user tanpa pengecualiaan (Open Beta).

Versi Beta sebenarnya adalah untuk meletakkan software tersebut pada sebuah tes di dunia maya dan juga sebagai feedback/umpan balik untuk mengidentifikasi bug (untuk mengetahui tentang tentang bug baca di sini) yang muncul sehingga dapat segera mungkin untuk diperbaiki untuk menuju versi Final.
Meskipun produk versi beta akan sering memiliki semua fitur yang tersedia dalam versi final produk, mereka umumnya memiliki keterbatasan jika ada dukungan teknis yang tersedia bagi user. Namun, banyak produk seringkali akan tetap dalam versi beta selama bertahun-tahun, selama waktu tersebut digunakan oleh khalayak luas seolah-olah mereka versi penuh produk.

Kata beta itu sendiri berasal dari bahasa Yunani, untuk huruf kedua dalam alfabet. Istilah Beta Version atau Beta Test berasal dengan tes hardware awal untuk komputer IBM, di mana beta test digunakan untuk menguji apakah perangkat keras berfungsi dengan benar. Saat ini, kebanyakan program software yang pertama kali dirilis dalam versi beta sebelum dipasarkan untuk rilis umum. Sebuah versi beta juga dapat diterapkan ke situs web yang sedang menguji fitur-fiturnya dan mengandalkan umpan balik audiens. Website Beta pertama kali sering ditampilkan di domain rahasia yang hanya tersedia untuk audiens menguji mereka, sebelum ditransfer ke domain riil mereka untuk melihat luas.

- Tahap Versi RC (Release Candidate)
Pada tahap ini software sudah dinyatakan stabil dan kualitasnya sudah mendekati versi final. Tahap ini difungsikan sebagai persiapan sebuah software untuk menyambut versi finalnya. Tahapan RC jarang dilakukan oleh pembuat software. Biasanya mereka langsung merilis versi final setelah tahap beta. Contoh software yang pernah ada tahapan RC adalah PCMAV, antivirus lokal ini sejak awal rilisnya sudah berstatus RC, sekarang sudah sampai versi final. Selain PCMAV ada lagi yang sempat menyandang gelar RC, namun bukan software tapi OS. Yaitu windows Vista. Bener Windows Vista memang pernah ada versi RC-nya.

- Tahap Versi Final
Inilah tahapan yang terakhir di tahap ini software sudah dinyatakan stabil dan layak untuk digunakan secara luas. Pihak pembuat pun mempromosikan software ini kepada orang-orang supaya mereka berbondong-bondong menggunakannya. Versi final ditandai oleh penulisan versi yang berupa angka tanpa embel-embel beta, RC atau alpha. Contohnya Opera 9.50 atau Media Monkey 3.0.3.1183. Misalnya akan ada pengembangan lain seperti penambahan fitur atau perbaikan maka angka versi itu akan bertambah. Misalnya Media Monkey 3.0.3 setelah ditambahkan fitur baru versinya berubah menjadi 3.0.4. 

Semoga bermanfaat.

Sumber : wikipedia dan berbagai sumber

6 Responses to "Mengenal Software Versi Alpha Beta RC Dan Final"

Hermanbagus said...

mampir paagi sob

Unknown said...

wah ada tamu spesial neeh..mas herman.terima kasih banyak sob, sudah mampir.ane meluncur neeh skr...

Anonymous said...

hahaha tamu spesial gimana sih sob? biasa aja deh :)

Unknown said...

Terima kasih, sob. udah kunjungan rutin.....

Hermanbaguz said...

sama sama sob, mampir lagi ya :)

Unknown said...

oke sob.trims

Post a Comment

Blog flamboyan68.blogspot.com
Apabila anda ingin mendapatkan artikel terbaru dari blog flamboyan68 lewat pesan email gratis. Silahkan tulis alamat email anda di kotak yang tersedia bawah ini


Supported by Blogaul

Sobat Blogger