Artikel Terbaru

Problem Loading Pada Komputer



Dalam memilih komputer ataupun laptop untuk dijadikan alat dalam membantu menyelesaikan pekerjaan atau hal-hal lain seperti game, menonton video, membuat desain grafis  dan lain sebagainya. Pada dasarnya kesukaan terhadap media yang namanya komputer meliputi hamper semua tingkatan baik itu dewasa, remaja bahkan anak-anak sekalipun semua menyukainya walaupun ada batasan tertentu terhadap fungsi komputer. Pada saat mengalami problem dalam hal kecepatan komputer yang kecepatannya lambat dan di bawah rata-rata. Ada beberapa cara mengatasi problem loading komputer di bawah ini.
1. Disable/Matikan Aplikasi Start-Up yang Tidak Penting.

Banyak orang yang baru memiliki sebuah komputer Pc desktop atau laptop tidak tahu bagaimana cara mematikan aplikasi yang tidak penting bahkan terkesan mengganggu pada saat komputer melakukan startup. Cara atau langkah dalam mematikan aplikasi startup sbb:

  • Tekan Tombol Windows + R pada keyboard atau anda bisa mengaksesnya melalui Start » All Program » Accessories » Run.
  • Ketik msconfig kemudian tekan enter

  • Kemudian pilih tab Startup dan untuk mematikan aplikasi startup, hilangkan centang pada aplikasi yang ingin di nonaktifkan atau dimatikan.
  • Selanjutnya klik Apply atau Ok dan dan restart komputer anda

2. Hapus/Uninstall Program yang Tidak Perlu.

Apabila di dalam komputer anda berisi aplikasi yang tidak penting atau tidak pernah digunakan, sebaiknya hapus/uninstall aplikasi tersebut karena membebani komputer pada saat menyala dan cara atau langkah dalam menghapus/uninstall aplikasi sbb:

  • Klik menu Start » Control Panel » Uninstall a Program
  • Kemudian double click pada aplikasi yang ingin dihapus dengan mengikuti perintah proses yang diberikan sampai proses tersebut selesai.

3. Defrag Hardisk Secara Berkala.

Melakukan defrag hardisk komputer bertujuan untuk menyatukan file-file yang sejenis kedalam partisi Hardisk sehingga pada saat proses pengambilan dan pengolahan data yang dilakukan oleh RAM dan Prosessor akan menjadi lebih mudah.

  • Klik menu Start » All Program»Accessories » System Tools » Disk Defragmenter
  • Selanjutnya pilih salah satu partisi Hardisk untuk di defrag kemudian tekan tombol Defragment Disk dan tunggu hingga prosesnya selesai (100%)

4. Hapus Temporary Files.

Menghapus temporary files yang ada pada komputer akan mengurangi isi hardisk karena apabila tidak dihapus, semakin lama akan semakin bertumpuk dan otomatis kalau sudah bertumpuk maka isi hardisk akan semakin penuh sampai batas yang tidak menentu.

  • Tekan Tombol Windows+R pada keyboard atau melalui Start »All Program » Accessories » Run.
  • Ketikkan %temp% kemudian tekan enter
  • Kemudian block semua file tersebut lalu hapus atau delete
  • Ikuti cara langkah no. 1 s/d 3 di atas, tetapi ganti %tempt dengan Prefetch dan Recent.


5. Membersihkan Hardisk (Disk CleanUp).

Disk CleanUp sebenarnya cara kerjanya sama dengan menghapus temporary files, namun bedanya hanya pada tempat penghapusannya.
  • Start » All Program » Accessories » System Tools » Disk Cleanup.

  • Pilih Drive/Partisi yang akan anda bersihkan kemudian klik ok
  • Centang semua file system yang disediakan kemudian OK

6. Matikan Widget Desktop (Khusus Windows 8).

Nonaktifkan semua widget desktop seperti Jam, Image Slider dan lain sebagainya.

Sekian dulu postingan saya kali ini semoga bermanfaat dan sampai jumpa.


Source image : www.dreamstime.com 

0 Response to "Problem Loading Pada Komputer"

Post a Comment

Blog flamboyan68.blogspot.com
Apabila anda ingin mendapatkan artikel terbaru dari blog flamboyan68 lewat pesan email gratis. Silahkan tulis alamat email anda di kotak yang tersedia bawah ini


Supported by Blogaul

Sobat Blogger