Artikel Terbaru

Mengenal Tentang EULA



Postingan kali ini saya meracik tulisan agak-agak konservatif sedikit hehe..soalnya judul tulisan ini membikin geli orang tapi alasan saya mengangkat judul ini karena pertama saya kurang mengenal yang namanya EULA dan tentunya menambah knowledge saya dan yang paling penting bermanfaat bagi anda itu yang terpenting.

Apa sih kepanjangan dari EULA? EULA singkatan dari End User License Agreement, merupakan lisensi yang memberikan pengguna hak untuk menggunakan software komputer dengan cara tertentu. Dan biasanya sebuah EULA digambarkan sebagai jumlah komputer pengguna yang dapat menggunakan perangkat lunak bersangkutan, bagaimana mereka dapat menggunakan perangkat lunak, dan setiap aturan hukum yang mereka terima dengan menyetujui EULA.

Sebuah EULA dapat disajikan dengan perangkat lunak dalam bentuk hard copy, biasanya berupa kertas atau stiker segel produk. Seringkali jenis EULA ini akan menjadi bentuk yang lebih terbatas lagi dari EULA yang disajikan kemudian pada komputer itu sendiri. Fisik EULA ini kadang-kadang disebut sebagai lisensi shrink-wrap, karena mereka sering berada di dalam produk. Karena ini berarti pelanggan tidak dapat benar-benar membaca lisensi sampai setelah mereka sudah membeli produk tersebut, beberapa tantangan hukum telah diajukan terhadap EULA semacam ini.
 

Bentuk yang lebih akrab dari EULA adalah EULA perangkat lunak , kadang-kadang disebut sebagai klik-wrap, mengacu pada lisensi shrink-wrap hardcopy. Biasanya lisensi ini disajikan ketika software installer dibuka. Pengguna diberikan salinan digital EULA untuk membaca, dan mereka harus setuju dengan syarat yang ada dalam rangka untuk menginstal perangkat lunak.

Dalam beberapa tahun terakhir, EULA telah menjadi lebih luas dalam lingkup hak mereka untuk melakukan mengklaim. EULA modern seringkali membatasi hak-hak pengguna dalam menyalin perangkat lunak, bahkan untuk tujuan backup, meskipun ada aturan 17 USC 117 khusus hibah yang memberi hak kepada pengguna. Perusahaan mengklaim bahwa mereka boleh melakukan ini karena aturan 17 USC 117 mengatakan bahwa pemilik berhak, dan perusahaan mengklaim bahwa mereka sebenarnya hanya menyewakan software kepada pengguna, sehingga pengguna tidak menjadi pemilik.

Sejumlah EULA juga mungkin berusaha untuk mengurangi kewajiban perusahaan pemilik dari penderitaan pengguna terhadap beberapa jenis software yang membahayakan. Yang paling mendasar, ini hanya mengatakan bahwa jika pengguna menyalahgunakan perangkat lunak sedemikian rupa maka mereka berada dalam masalah, yang mengatakan bahwa dengan menggunakan sepotong chat software untuk melanggar hukum, perusahaan yang membuat perangkat lunak tidak dapat bertanggung jawab. 

Pada tingkat berikutnya, sebuah EULA dapat mengklaim bahwa bahkan jika perangkat lunak itu sendiri rusak, seperti software akuntansi, perusahaan ini masih tidak bertanggung jawab.

Hukum EULA terus berkembang. Ini adalah daerah yang sangat peka dan banyak pengadilan pada tingkat yang lebih rendah tidak setuju. Mahkamah Agung memberi preseden sangat sedikit dalam bidang EULA, dan ketika mereka campur tangan mereka cenderung untuk melakukannya dengan hati-hati, membiarkan aturan itu sendiri menjadi warna abu-abu.  

Selesai juga deskripsi tentang EULA, semoga bermanfaat dan sampai jumpa..


0 Response to "Mengenal Tentang EULA"

Post a Comment

Blog flamboyan68.blogspot.com
Apabila anda ingin mendapatkan artikel terbaru dari blog flamboyan68 lewat pesan email gratis. Silahkan tulis alamat email anda di kotak yang tersedia bawah ini


Supported by Blogaul

Sobat Blogger