Artikel Terbaru

Apa Itu TOEFL?




APA ITU TOEFL ?
TOEFL adalah singkatan dari Test Of English as a Foreign Language (Test Bahasa Inggris sebagai bahasa asing), yang diorganisir oleh sebuah lembaga di Amerika Serikat yang bernama ETS (Educational Testing Service).
Pada awalnya, TOEFL diperlukan bagi para pelajar di negara-negara yang bahasa utamanya bukan bahasa Inggris, tetapi ingin melanjutkan studi ke negara-negara yang bahasa resminya adalah bahasa Inggris, seperti Amerika Serikat, Kanada, dan negara-negara Eropa Barat.
Ini diperlukan untuk memastikan bahwa siswa-siswa dari negara berbahasa non-bahasa Inggris tersebut dapat mengikuti perkuliahan di negara berbahasa Inggris dengan baik. Antara lain untuk :
  • Memastikan bahwa mahasiswa tersebut memahami uraian yang diberikan dosen dalam bahasa Inggris (listening skill).
  • Mahasiswa memahami buku-buku textbook yang diwajibkan (reading skill).
  • Mahasiswa mampu membuat tulisan ilmiah dengan tatabahasa yang benar (writing & grammar skill).
Untuk dapat diterima di negara-negara barat, calon mahasiswa haruslah memiliki TOEFL score minimal 500 (Eropa), bahkan untuk di Amerika Serikat, TOEFL score yang disyaratkan adalah 550. (Nilai maksimal TOEFL Paper Based Test adalah 677).
PERLUASAN PENGGUNAAN TOEFL
Seiring perkembangan zaman, bahkan negara-negara yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris, seperti Jepang, Korea, India, Malaysia, Indonesia, dll mensyaratkan TOEFL Score tertentu bagi calon mahasiswanya, baik yang datang dari dalam negeri, apalagi jika berasal dari luar negeri. Di Indonesia, TOEFL bahkan digunakan juga untuk :
  • Persyaratan bagi penerimaan karyawan baru di instansi pemerintah, perusahaan pemerintah dan swasta.
  • Syarat penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang S2 dan S3.
  • Syarat pengajuan beasiswa, baik dari pemerintah maupun swasta.

PERKEMBANGAN TOEFL
TOEFL sendiri sudah beberapa kali mengalami penyempurnaan oleh lembaga penyelenggaranya, ETS. Bentuk-bentuk TOEFL Test yang pernah diperkenalkan ke publik yaitu :
  1. TOEFL Paper Based Test
    Terdiri atas 3 section : Listening, Structure, and Reading
    Maximum Score : 677
  2. TOEFL Computer Based Test
    Terdiri dari 4 Section : Listening, Structure, Reading, Writing
    Maximum Score : 300
  3. TOEFL Internet Based Test
    Terdiri dari 4 section : Listening, Reading, Writing, Speaking.
    Maximum score : 120.
Meskipun resminya, sejak TOEFL Internet Based Test diperkenalkan di seluruh dunia, maka jenis sebelumnya tidak berlaku lagi, tetapi kenyataannya sampai saat ini, TOEFL Paper Based Test masih digunakan secara luas di berbagai lembaga pendidikan tinggi maupun untuk rekrutmen karyawan di Indonesia, atau di negara-negara yang bukan berbahasa Inggris. 

APA YANG BISA ANDA DAPATKAN DARI TOEFLINDONESIA.COM ?
Website ini dibuat untuk membantu anda, kalangan terdidik Indonesia (pelajar sekolah, mahasiswa, karyawan, dll) untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anda dengan mempelajari Bahasa Inggris secara lengkap dan bertahap. Meskipun kami akui, masih banyak kekurangan dalam materi-materi yang kami berikan, tetapi kami terus berusaha memperbaiki materi yang ada, sehingga anda, pengunjung kami, mendapat manfaat yang maksimal.
Cara belajar yang kami sarankan :
  1. Kerjakan Free TOEFL Test 1 yang ada di web ini, dan kirimkan jawaban anda ke management@toeflindonesia.com (untuk itu, ada sedikit biaya pemeriksaan)
  2. Kami akan memeriksa hasil test anda, dan mengirimkan skor yang anda peroleh via SMS ke HP anda. Kami juga beritahukan berapa jawaban anda yang benar pada masing-masing section (ada 3 section : Listening, Structure, Reading).Jadi anda bisa tahu kekuatan dan kelemahan anda. Jika anda lemah di section 2:Structure (grammar),misalnya, berarti tugas anda adalah untuk meningkatkan pengetahuan grammar anda. Sering sekali terjadi, seseorang yang merasa dapat mengerjakan TOEFL Test dengan baik, ternyata mendapatkan TOEFL Score yang lebih rendah dari harapannya.
  3. Selanjutnya, silakan beli ebook Kunci dan Pembahasan Free TOEFL Test 1. Dalam ebook itu, akan dijelaskan secara lengkap, tidak saja mana jawaban yang benar, dan mana yang salah, tetapi juga mengapa jawaban itu yang benar, dan bukan yang lain. Kami juga uraikan lengkap rumus-rumus bahasa Inggris yang menjadi landasannya. Jadi, anda bisa memahami secara utuh kesalahan-kesalahan yang anda buat
  4. Sekarang anda bisa mengerjakan Free TOEFL Test 2, untuk melihat, apakah TOEFL Score bisa lebih baik. Jika anda mempelajari dengan teliti kesalahan-kesalahan anda pada test sebelumnya, kami yakin skor anda sekarang akan meningkat.
  5. Jika ternyata skor anda hanya meningkat sedikit, berarti anda perlu belajar Bahasa Inggris secara lengkap. Anda bisa membeli paket TOEFL Preparation Course. Disini kami memberikan materi-materi lengkap untuk meningkatkan kemampuan Listening, Grammar, dan Reading anda. Pelajarilah secara teratur. Tidak perlu langsung membaca banyak materi sekaligus, karena meskipun bisa anda pahami, tapi juga akan cepat anda lupakan. Jadi pelajari satu materi, dan praktekkan. Setelah yakin bahwa anda memahami dan dapat mengingatnya dengan baik, silakan lanjut ke materi berikutnya.
  6. Setelah mempelajari seluruh materi, silakan ambil TOEFL Prediction Test untuk menguji kemampuan anda, yang kami harapkan telah meningkat, dan mendapatkan TOEFL Prediction Certificate.Sertifikat akan dikirimkan ke alamat yang anda inginkan.
  7. Bagi anda yang memang berencana mengambil paket TOEFL Preparation Course, tidak perlu membeli ebook Kunci dan Pembahasan Free TOEFL Test 1, karena materi Kunci dan Pembahasan Free TOEFL Test 1 sudah tercakup dalam materi TOEFL Preparation Course.
  8. Tentu saja langkah2 di atas hanya saran. Anda bebas memilih mana yang akan anda pelajari terlebih dahulu. Bagi anda yang membutuhkan TOEFL Prediction Certificate untuk melamar kerja, aplikasi beasiswa dalam negeri yang mengizinkan dipakainya TOEFL Prediction Certificate, anda dapat langsung mengikuti TOEFL Test kapanpun anda mau. 
    Sumber:www.toeflindonesia.com    http://heryatman.blogspot.com/
      

3 Responses to "Apa Itu TOEFL?"

Anonymous said...

Bagi link nya dong?

Unknown said...

Sangat baik bagi pelajar TEOFL untuk memahami Apa Itu TOEFL?

Kami sarankan untuk Belajar TOEFL Online Gratis Silahkan berkunjung ke situs Kursus Belajar TOEFL Online Gratis

Unknown said...

Terima kasih atas inform dan kunjungannyan,sob.

Post a Comment

Blog flamboyan68.blogspot.com
Apabila anda ingin mendapatkan artikel terbaru dari blog flamboyan68 lewat pesan email gratis. Silahkan tulis alamat email anda di kotak yang tersedia bawah ini


Supported by Blogaul

Sobat Blogger