Artikel Terbaru

Mengenal Sound Card Pada Komputer

Flamboyan68 - Sound Card merupakan satu dari komponen multimedia yang harus tersedia sebagai salah satu perangkat/hardware penting sebuah komputer.

Sound card dan orang selalu menyebutnya kartu suara, mempunyai bentuk seperti lempengan PCB yang fungsinya mengolah dan juga menghasilkan suara. 

Sound card adalah salah satu perangkat/hardware periferal yang terkoneksi secara langsung pada slot ISA atau pada PCI dalam motherboard, sehingga komputer dapat melakukan input, proses dan output berupa suara (sound).

sound-card

Di bawah ini ada beberapa fungsi sound card antara lain :
  • Synsthesizer : 
adalah cara efektif untuk mendapatkan suara yang jernih, jadi suara tersebut di simulasikan menggunakan algoritma sehingga bisa menghasilkan sine wave atau gelombang yang lentur dan menjadikan suara yang keluar mirip dengan aslinya.

  • MIDI : 
Memungkinkan suatu perangkat elektronik itu berkomunikasi, mengontrol dan juga sinkronisasi antara satu dengan yang lain atau dengan kata lain memungkinkan terjadinya pertukaran data sistem

  • Konversi dari data digital ke analog konverter : mengubah inputan sinyal analog suara dari mikrofon ke digital mode.

  • Konversi dari data analog ke digital : mengubah digital ke output sinyal analog.

    Jenis-jenis sound card :

    ( - ) Sound Card on Board
    Jenis ini sudah terpasang langsung pada motherboard berupa chipset serta untuk kinerjanya masih memerlukan bantuan prosesor. Sound card ini bisa kita jumpai di hampir semua motherboard. Apabila kita hanya memerlukan sound card untuk mendengarkan musik, maka sound card on board bisa menjadi pilihan terbaik.

    ( - ) Sound Card PCI
    Jenis ini dipasangkan ke slot PCI pada motherboard. Jadi sound card ini mempunyai kelebihan yang terletak pada kualitas yang dapat dihasilkan. Apabila kita hanya menggunakan untuk keperluan standar seperti mendengarkan musik, maka sound card ini terlalu mahal. Akan tetapi bila digunakan untuk merekam suara atau bermain game, maka sound card PCI ini cocok untuk jadi pilihan
    Yang perlu untuk kita ketahui mengenai sound card adalah :
    • DAC
    • Jenis Chip
    • Playback quality (kualitas yang terbaik adalah 24bit/192khz)
    • Recording (yang terbaik adalah 24bit/96khz)
    • SRN Rasio (106-108 dB)
    • Respon frekuensi
    • Dukungan playback
    • Koneksi yang tersedia (optikal atau coaxial)
    Bagi anda yang akan merakit komputer dalam membeli motherboard sebaiknya didalamnya sudah terpasang perangkat/hardware sound card.

    Semoga bermanfaat.













    2 Responses to "Mengenal Sound Card Pada Komputer"

    Hendrik said...

    Mirip fungsinya sama VGA Card ya soB untuk keperluan main game.

    Unknown said...

    vga card fungsinya untul lbh ke video / visual kyk kita maen game memerlukan vga nya yg bagus sehinggag tdk leg leg an game nya dan
    sound card fungsinya lbh ke audio...
    Terima kasih mas hendrik sudah mampir ke tempat saya.

    Post a Comment

    Blog flamboyan68.blogspot.com
    Apabila anda ingin mendapatkan artikel terbaru dari blog flamboyan68 lewat pesan email gratis. Silahkan tulis alamat email anda di kotak yang tersedia bawah ini


    Supported by Blogaul

    Sobat Blogger