Artikel Terbaru

Cara Mematikan Autorun


Flamboyan68 - Menurut situs ebsoft.web.id, autorun.inf adalah file yang berupa teks file yang berisi instruksi tertentu, tentang apa yang otomatis dijalankan ketika media seperti flash/CD dimasukkan ke komputer. Instruksi ini dapat berupa perintah untuk menjalankan file exe. Namun ada juga yang berpendapat, autorun.inf ini merupakan sebuah virus yang masuk ke dalam sistem Windows melalui USB Drive/CD-ROOM/DVD-ROOM dll. Virus ini menginfeksi sistem saat fitur autorun atau autoplay berjalan ketika kita memasukan USB Drive/CD-ROOM/DVD-ROOM ke dalam PC/laptop kita.

Autorun.inf mungkin salah satu virus yang sulit sekali untuk dibasmi, apalagi autorun.inf ini tidak bisa dibaca oleh antvirus apapaun. Memang ada yang menganggap dengan memasang antivirus Ansav, bisa membaca sekaligus membasmi virus yang cukup menjengkelkan ini. Namun ada juga yang bilang, jika sebuah PC/laptop terpasang Ansav dan membaca autorun.inf, PC.laptop tersebut akan macet dan berhenti bekerja. Kemudian autoun.inf ini akan menggandakan folder-folder atau file-fike menjadi shortcut yang pasti akan membuat anda kesal.

Jadi autorun.inf itu sebenarnya file ini berfungsi untuk menampilkan drive saat flasdisk atau perangkat drive lainnya dihubungkan ke komputer, namun sistem ini masih terdapat kekurangan sehingga mudah di”tumpangi” oleh virus atau worm/malware. Berikut salah satu cara untuk menghilangkan atau mematikan autorun.inf tersebut, berikut langkah-langkahnya :

  • Melalui langkah secara manual, cara ini cukup simple yaitu dengan menekan tombol SHIFT dan menahannya selama +/- 5 detik saat kita memasukkan CD atau Flash Disk. Tentunya, cara atau langkahseperti ini harus kita lakukan manual setiap kali kita memasukkan CD atau Flash Disk
  • Melalui langkah secara otomatis, dilakukan dengan mengedit Policy Windows caranya dari start run pilih > ketik: gpedit.msc > User Configuration > Administrator Templates > System > Turn Off Autoplay (pada jendela kanan) Klik kanan > Properties > pilih “Enable” (dari defaultnya Not Configured). Turn off Autoplay on Pilih “All Drives” (dari default “CD-ROM Drives) klik Apply terus OK.
Cara lain yang bisa anda jalankan selain cara-cara diatas untuk menghapus ataupun mematikan auotorun.inf ini dengan mudah dan tidak ribet. Anda cukup mendownload sebuah aplikasi free tidak berbayar. Aplikasi ini bernama Autorun Kicker, yang memiliki fungsi untuk memberikan notifikasi jika menemukan file autorun.inf. Berikut ini cara atau langkah yang mungkin bisa membantu anda :
  • Atau anda bisa langsung mendownload di sini:


  • Jalankan aplikasi tersebut dan akan ada tampilan seperti gambar di bawah. ini  lalu atur sesuai screenshot di bawah ini agar Autorun bisa mati dan tidak berjalan. Jangan mencentang Launch at startup, ini dikarenakan sama saja anda memberikan fasilitas untuk selalu menjalankan Autorun di Windows anda. Untuk Network Drive boleh tidak dicentang, karena ini mungkin berhubungan langsung dengan modem yang anda gunakan.



Sekarang praktekan sama anda dengan menancapkan flashdisk/CD anda, maka tampilan autoplay tidak akan muncul.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat bagi anda.
Sumber: http://www.ajurna.net/2010/12/cara-mematikan-autorun.html

0 Response to "Cara Mematikan Autorun "

Post a Comment

Blog flamboyan68.blogspot.com
Apabila anda ingin mendapatkan artikel terbaru dari blog flamboyan68 lewat pesan email gratis. Silahkan tulis alamat email anda di kotak yang tersedia bawah ini


Supported by Blogaul

Sobat Blogger