Artikel Terbaru

Manfaat Sawi Putih untuk Kesehatan





Flamboyan68 - Disamping rasanya enak juga nikmat apalagi kalau di tumis dengan ikan teri kecil dan ternyata ada banyak sekali manfaat Sawi Putih diantaranya adalah untuk Merawat Mata, Melawan Kolesterol, dan Menghindari Serangan Jantung. Pada dasarnya Kegunaan Sawi Putih adalah sebagai makanan pemulih tenaga. Hal ini dikarenakan Sawi Putih memiliki kadar zat besi yang tinggi juga mengandung magnesium. Tidak seperti daging yang menyimpan potensi merugikan jika dimakan berlebihan.

1. Sawi Putih untuk Mencegah Osteoporosis
Dari kandungan Sawi Putih yaitu vitamin K dalam sawi dapat mengatur protein tulang dan kalsium di dalam tulang.

2. Sawi Putih untuk Mencegah penyakit jantung
Vitamin E, betakaroten dan vitamin C pada sawi, sangat baik untuk mencegah kolesterol dan penyakit jantung. Ketiga zat tersebut sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya oksidasi kolesterol LDL. Sawi juga mengandung niasin yang berfungsi memperkecil proses ateroskerosis, dan akhirnya menurunkan kemungkinan terjadinya serangan jantung.

3. Sawi Putih untuk Menjaga Kornea Mata Agar Sehat
Dengan adanya vitamin A membuat sel epitel akan mengeluarkan keratin, yaitu protein yang tidak larut dalam ari dan bukan mucus.

4. Sawi Putih untuk Mencegah Anemia
Mengandung asam folat fungsi dalam proses sintesis nukleoprotein merupakan, kunci pembentukan dan produksi butir-butir darah merah normal dalam sumsum tulang.

5. Sawi Putih untuk Menghaluskan Kulit
Kandungan vitamin E pada sawi dapat berfungsi sebagai antioksidan utama di dalam sel. The George Mateljan Foundation (2006) menggolongkan sawi dalam kategori excellent sebagai sumber vitamin E.

6. Sawi Putih untuk Menyembuhkan Luka, serta Daya Tahan Tubuh
Karena mengandung vitamin C pada sawi hampir setara dengan jeruk. Komposisi 1 cangkir sawi cukup untuk memenuhi 59 persen kebutuhan tubuh akan vitamin C perhari.
 

7. Sawi Putih untuk Mencegah Diabetes Mellitus
Kalsium merupakan salah satu mineral terpenting yang dibutuhkan tubuh yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan gula merah.

8. Sawi Putih untuk Mencegah penyakit gondok
Goitrogen dapat menghambat fungsi kelenjar tiroid, menyebabkan terjadinya goiter gondok.

9. Sawi Putih untuk menangkal macam-macam Kanker
Adanya Indol dan Isotiosianat berfungsi untuk mereduksi potensi kanker, karena kemampuan kedua komponen itu mengatur enzim yang berfungsi mendetoksifikasi hati. Dari beberapa hasil studi epidemologi, Park dan Pezzuto (2002) melaporkan bahwa konsumsi sayuran dari genus Brassica (termasuk sawi) dapat menurunkan resiko berbagai jenis kanker, yaitu kanker payudara, prostat, ginjal, kolon, kandung kemih dan paru-paru. Sedangkan sulforan yang mana dari publikasi pada Journal of Nutrition pada tahun 2004 menunjukkan bahwa kandungan sulforan yang banyak terdapat pada golongan Brassica sangat efektif untuk mencegah pertumbuhan sel kanker payudara.






Semoga bermanfaat dan happy surfing...  
Sumber: pernakpernik.net


0 Response to "Manfaat Sawi Putih untuk Kesehatan"

Post a Comment

Blog flamboyan68.blogspot.com
Apabila anda ingin mendapatkan artikel terbaru dari blog flamboyan68 lewat pesan email gratis. Silahkan tulis alamat email anda di kotak yang tersedia bawah ini


Supported by Blogaul

Sobat Blogger