Artikel Terbaru

Kegunaan Buncis Untuk Kencing Manis


Melihat sekilas buncis tampak biasa saja dan pelengkap sayuran maupun lalapan saja tetapi di balik kesederhanaan bentuk dan warna terkandung khasiat yang begitu besar dan sebagian orang tidak  menyadarinya bahkan tidak tahu. Menurut penelitian  hanya dalam waktu setengah jam bisa menurunkan kadar gula dalam darah hingga batas normal. Berdasar analisis Yayuk, peneliti IPB Bogor, di dalam buncis terkandung zat yang dinamakan “B-sitosterol dan Stigmasterol”. Kedua zat inilah yang mampu meningkatkan produksi insulin. Insulin adalah sejenis hormon yang dihasilkan secara alamiah oleh tubuh kita dari organ tubuh yang dinamakan pankreas.

Insulin berfungsi untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Seseorang mengalami diabetes melitus bila pankreas hanya sedikit menghasilkan insulin atau bahkan tidak mampu memproduksinya sama sekali. Dengan mengonsumsi buncis dalam keadaan mentah sebagai lalapan, diharapkan pankreas penderita kencing manis dapat menghasilkan insulin yang dapat mengontrol kadar gula dalam darah.
 -  Siapkan Buah Buncis 250 gram
 -  Kemudian dikukus
 -  Dimakan sebagai lalap tiga kali sehari
 -  Setiap kali makan 250 gram

Komposisi yang terkandung :
Alkaloid, flavonoida, saponin, triterpenoida, steroida, stigmasterin, trigonelin, arginin, asam amino, asparagin, kholina, tanin, fasin (toksalbumin), zat pati, vitamin dan mineral.

Beberapa Kegunaan dan Khasiat Buncis untuk kesehatan yang lainnya, antara lain:
 - Melancarkan sistem pencernaan, mencegah konstipasi
 - Menstimulasi sistem kekebalan tubuh secara alami
 - Menetralkan gula darah
 - Mengobati tukak lambung
 - Mencegah kanker usus besar
 - Memperkecil resiko terkena kanker ganas

Kandungan yang bermanfaat dari buncis, antara lain;
- Lignin
- Enzym Protease Inhibitor
- Potassium
- Fosfor
- Serat
- Kalsium
 

Sayuran berwarna hijau panjang ini dalam 100 gram-nya mempunyai komposisi karbohidrat 7,81%, lemak 0,28%, protein 1,77%, serat kasar 2,07%, dan kadar abu 0,32%.
Bagi dunia kedokteran dan farmasi, penemuan analis Yayuk ini tentu bisa dijadikan referensi untuk membuat obat diabetes dengan mengekstrak buncis. Tentunya banyak keuntungan yang diperoleh, terutama bagi masyarakat, karena obat diabetes akan lebih murah dan mudah didapat dengan banyaknya bahan yang tersedia.

Bagi masyarakat, terobosan Yayuk itu bisa melegakan hati banyak orang pengidap diabetes melitus, khususnya mereka dari kalangan tidak mampu. Cukup membeli sayur buncis dan memakannya secara teratur, kadar gula dalam darah bisa turun. Pengolahannya pun sangat gampang hanya dengan mengkonsumsi buncis sebagai lalapan. Kalau dimasak dalam bentuk oseng-oseng, dengan tambahan daging, tentunya sama saja. Berbahagialah mereka yang kerap makan lalapan buncis. Ternyata selain manis, buncis juga bisa mencegah dan menghilangkan penyakit kencing manis.

( Sumber: Pernakpernik.net)

0 Response to "Kegunaan Buncis Untuk Kencing Manis"

Post a Comment

Blog flamboyan68.blogspot.com
Apabila anda ingin mendapatkan artikel terbaru dari blog flamboyan68 lewat pesan email gratis. Silahkan tulis alamat email anda di kotak yang tersedia bawah ini


Supported by Blogaul

Sobat Blogger