Artikel Terbaru

Cara Mengatasi Keputihan

Flamboyan68 - Keputihan adalah keluarnya cairan yang berlebihan dari vagina. Kadang-kadang disertai oleh rasa gatal, terbakar di bibir vagina, atau kerap juga disertai bau busuk dan rasa nyeri waktu berkemih atau senggama. 

Dalam keadaan tidak normal cairan tersebut dapat berubah menjadi kental, berwarna putih, kekuningan, keabuan sampai kehijauan. Baunya juga berbeda-beda, dapat tanpa bau atau berbau seperti telur busuk atau anyir seperti ikan mentah. Perubahan dalam keseimbangan bakteri dalam vagina bisa mempengaruhi warna, bau dan juga tekstur dari keputihan.
 
Gejala keputihan dibagi 2 kelompok, yakni: gejala Keputihan yang bukan penyakit (non patologis), dan gejala keputihan yang disebabkan penyakit (patologis)
Gejala keputihan bukan karena penyakit :
  • Cairan dari vagina berwarna bening
  • Tidak berwarna, Tidak berbau, Tidak gatal
  • Jumlah cairan bisa sedikit, bisa cukup banyak
Gejala keputihan karena penyakit :
  • Cairan dari vagina keruh dan kental
  • Warna kekuningan, keabu-abuan, atau kehijauan
  • Berbau busuk, anyir, amis, terasa gatal
  • Jumlah cairan banyak

Penyebab Keputihan

Penyebab keputihan biasanya adalah infeksi. Cairan alat kelamin perempuan yang terinfeksi mengandung banyak sel darah putih (leukosit) dan warnanya agak kekuning-kuningan hingga hijau, umumnya kental dan berbau. Organ perempuan yang dapat terkena infeksi antara lain vulva, vagina, leher rahim, dan rongga rahim. Penyebab infeksi dapat berasal dari kuman/bakteri, jamur, parasit, dan virus.

Obat keputihan alami dipercaya dapat menghilangkan infeksi karena jamur dan bakteri tersebut. Obat keputihan alami pun ada beberapa jenis. Salah satu alternatif obat keputihan alami adalah daun sirih. Berikut adalah cara menggunakan daun sirih sebagai obat keputihan alami:
- 15 lembar daun sirih dicuci dan direbus dengan 2 liter air hingga mendidih
- Saat air masih hangat gunakan untuk mencuci vagina. Lakukan beberapa kali sehari.
Selain daun sirih, alternatif obat keputihan alami yang lain adalah campuran beberapa bahan berikut:
- 15 gram kulit delima kering + 10 gram sambiloto kering + 20 gram kunyit (diiris-iris).
- Semua bahan dicuci bersih lalu direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, airnya diminum 2 kali sehari.

Itulah beberapa alternatif obat keputihan alami yang boleh anda coba untuk meringankan atau mengobati keputihan yang saat ini sedang anda derita.

Semoga bermanfaat bagi wanita infonesia, sampai jumpa

sumber: http://www.lintaswanita.com/cara-mengatasi-keputihan.html

0 Response to "Cara Mengatasi Keputihan"

Post a Comment

Blog flamboyan68.blogspot.com
Apabila anda ingin mendapatkan artikel terbaru dari blog flamboyan68 lewat pesan email gratis. Silahkan tulis alamat email anda di kotak yang tersedia bawah ini


Supported by Blogaul

Sobat Blogger