Artikel Terbaru

Definisi Adware







Adware atau kepanjangan dari Advertising Ware, adalah jenis program komputer yang berfungsi untuk menampilkan iklan di layar monitor. Program yang sedang kita jalankan tiba-tiba terhenti dan hanya membawa dengan cara licik iklan di komputer kita tanpa persetujuan kita. Menggunakan koneksi bandwidth internet kita ke internet, membatasi kecepatan kita rendah dan kemudian meletuslah yang namanya iklan tapi kita bisa melakukan sesuatu.

Seperti yang sudah saya singgung diatas tadi, apa yang dimaksud dengan Adware? Adware adalah iklan produk atau penawaran layanan yang merupakan bagian dari sebuah situs atau aplikasi. Script yang ditulis pada suatu halaman web memungkinkan adware untuk berjalan sendiri (autorun applications) yang akan muncul pada saat kita surfing di suatu situs tertentu atau sedang menjalankan aplikasi. Biasanya adware sangat gampang untuk di nonaktifkan, tapi tidak dengan varian adware yang memiliki suatu teknik anti-removal dan ini biasanya sangat mengganggu.

Darimana datangnya Adware itu? Sebagian Adware tertanam didalam aplikasi-aplikasi gratisan, seperti MyWay Searchbar dengan fitur-fitur layanannya seperti SmileyCentral, Zwinky, dan WeatherBug. Adware dan spyware dapat menempel pada komputer anda, terlebih lagi apabila anda melakukan browsing internet atau memiliki sistem operasi yang punya cukup banyak celah untuk dimasuki.

Apa efek Adware terhadap komputer? Anda akan melihat jendela peringatan (pop-up windows) yang berisikan iklan-iklan pada saat anda membuka halaman situs-situs tertentu (yang memasang adware pada script-nya). Di kejadian lain, anda juga bisa terserang adware pada saat menjalankan aplikasi dari program-program yang terinstalasi di dalam komputer anda, misalkan anda sedang bekerja dengan program-program kantoran seperti office atau anda sedang menjalankan program game tertentu. Dan pada dasarnya Adware dibuat untuk kebutuhan pemasaran sebuah produk atau jasa. Selama digunakan dalam kondisi normal Adware sama sekali tidak bermasalah atau berbahaya, misal adware yang disematkan pada program gratisan untuk mendukung pengembangan aplikasi yang bersangkutan.

Adware akan bisa menjadi masalah jika:
  • Memaksa untuk memasang/menginstalasi dirinya di sebuah komputer
  • Menetap dalam komputer dan tidak bisa / sulit untuk dihilangkan
  • Mengambil data dari kegiatan berkomputer dan mengirimkannya ke sumber tertentu tanpa konfirmasi dari si pemilik komputer

  • Melakukan instalasi aplikasi lain yang tidak terkait dengan iklan yang ditampilkan

 
Semua Adware sangat mungkin untuk menjadikan sebuah komputer atau sistem menjadi lambat karena penggunaan sumber daya multimedia. Selain sistem, koneksi internet bisa berpotensi melambat karena Adware selalu mengunduh materi iklan yang baru.

Beberapa jenis Adware seperti “pop up ads” mungkin bisa mengganggu pengguna komputer karena muncul sewaktu-waktu saat komputer sedang digunakan untuk hal lain yang tidak terkait dengan adware.

Cara menanggulanginya?  Ada beberapa cara yang bisa anda aplikasikan kedalam sistem operasi komputer anda atau membiasakan diri ketika membuka halaman situs-situs tertentu, diantaranya sbb:

  • Jalankan program anti-spyware dan anti-adware yang terkini (updated).
  • Hidupkan opsi ‘immunization’ pada software anti-spyware dan anti-adware yang anda gunakan.
  • Pastikan browser yang sering anda gunakan, email client software, dan sistem operasi computer anda terinstal dengan baik bersama auto update.

  • Hidupkanopsi Firewalls ketika melakukan browsing.
  • Gunakanlah plugin security options yang telah direkomendasikan oleh browser anda.

  • Hati hati menggunakan aplikasi/program gratisan

  • Gunakan program anti Adware seperti ad-aware yang di buat oleh  Lavasoft (www.lavasoft.com)

Sekian dulu postingan saya kali ini semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya.

Source image : www.kamus.net

0 Response to "Definisi Adware"

Post a Comment

Blog flamboyan68.blogspot.com
Apabila anda ingin mendapatkan artikel terbaru dari blog flamboyan68 lewat pesan email gratis. Silahkan tulis alamat email anda di kotak yang tersedia bawah ini


Supported by Blogaul

Sobat Blogger