Artikel Terbaru

Mengenal Tentang E-Book?



Sekarang ini orang mengenal dengan yang namanya E-book yang merupakan kepanjangan dari Electronic Book atau buku elektronik, buku digital. Yang namanya E-book ini tidak lain adalah sebuah bentuk buku yang dapat dibuka secara elektronis via komputer. Dan E-book ini berupa file dengan format bermacam-macam, ada yang berupa file pdf (portable document format) yang dapat dibuka dengan program Acrobat Reader atau sejenisnya. Ada juga yang dengan bentuk format html, yang dapat dibuka dengan browsing secara offline. Ada juga yang berbentuk format exe, word, text dll. 

Saat ini kebanyakan e-book menggunakan bentuk format pdf. Karena lebih mudah dalam mempergunakannya dan mudah dalam mengolah security. dimana pembuatannya menggunakan menggunakan program seperti  Pdf955 ,PrimoPDF, PDFCreator CutePDF Writer, OpenOffice dll, yang mana yang lebih user friendly ? itu tergantung pada anda sendiri tentunya dengan memperhitungkan kebutuhan fitur-fitur yang akan digunakan. Kelebihan file .pdf ini menurut saya pribadi ukurannya filenya kecil bahkan dapat dioptimasikan untuk image-image yang di-embed di dalamnya, nyaman dibaca/diprint, dan yang paling penting ada fasilitas setting menggunakan kode sandi baik dalam pembacaan, editing, ataupun untuk dicetak.

Dengan hadirnya e-book ini, maka para pembaca dimudahkan untuk tidak menyimpan buku favoritnya dalam bentuk fisik atau buku konvensional dan juga memudahjkan bagi para penulis dalam menyebarkan tulisannya, karena melalui e-book ini seseorang tidak perlu lagi datang ke penerbit hanya sekedar menginginkan tulisannya dapat diterbitkan. Apabila penulis ingin menjual atau mempublikasikan tulisannya dengan adanya media e-book ini adalah jalan pintasnya dan berlaku bagi para pembaca buku di internet.




Sebuah E-book, sebagaimana didefinisikan oleh Oxford Kamus bahasa Inggris, adalah versi elektronik dari buku cetak yang dapat dibaca pada komputer pribadi atau perangkat genggam yang dirancang khusus untuk tujuan ini. E-book didedikasikan bagi mereka  para  pembaca media elektronik atau perangkat e-book baik melalui komputer atau bisa juga melalui ponsel yang dapat digunakan untuk membaca buku elekronik ini.

Beberapa kelemahan dari e-book diantaranya:
1. Terdapat berbagai format, yg terlihat dengan extension filenya : txt, doc, pdf, chm, dejavue, iSilo dll
2. Karena berbagai format, baik untuk membuatnya maupun untuk membukanya menggunakan aplikasi yang berbeda-beda. Misal untuk format PDF, untuk membacanya umumnya menggunakan Acrobat dari Adobe. Untuk membuatnya menggunakan aplikasi sejenis PDF writer.
3. Tidak semua format memiliki security yang baik. Misal txt, sangat terbuka. Sedangkan pdf sudah ada security yg baik. Security berguna untuk perlindungan hak cipta.
4. Tidak semua format tersedia dalam setiap platform OS. Misal format dari Microsoft, hanya bisa dibaca dengan Microsoft Reader yang jalan di platform Microsoft juga misal Windows. Format PDF sudah tersedia diberbagai platform OS.
5. Ada format yang bagus di PC desktop, misalnya PDF, tapi repot/berat ketika digunakan dengan mobile gadget seperti PDA atau handphone. Format iSilo lebih cocok untuk mobile gadget.
6. Ada format yang dibuat sebagai aplikasi misal dengan Flash. Namun dalam   pendistribusiannya menjadi rentan di-infeksi/disisipi virus.
7. Secanggih apapun format security ebook, karena digital, ia tetap bisa dibongkar, terutama oleh para hacker.


(source image:www.dietkamikaze.com  -  www.pkc.gov.uk)

Definisi Hoax

Pengertian ataupun definisi hoax adalah usaha untuk memperdaya orang-orang agar mempercayai sesuatu yang salah adalah benar.
Hoax adalah email peringatan, nasehat palsu, berita bohong atau berita palsu yang biasanya diakhiri dengan himbauan agar menyebarkannya seluas-luasnya! Hoax beredar di mana saja: email, bulettin friendster, Yahoo Messenger, bahkan SMS.
Dalam urutan ‘penyampah internet’, menurutku hoax berada setingkat lebih parah daripada spam. Orang membuat spam untuk sekedar mencari makan, mungkin untuk anak-istrinya atau keluarganya. Sedangkan orang membuat hoax tak lain hanyalah untuk kepuasan pribadi : berhasil membohongi orang banyak. (Junk mail tergolong sampah jinak).

Membuat hoax tidak menjadikan seseorang mendapatkan keuntungan apapun, kecuali kesenangan semu karena ‘hasil karya’nya beredar luas di internet. Sementara itu, ribuan bahkan jutaan orang yang bekerja pada industry yang berkaitan mengalami kerugian karena productnya tiba-tiba saja tidak laku. Sementara ribuan orang yang lain mengalami kecemasan (fraud) akibat membaca HOAX tersebut. Oleh karena itu dalam menerima informasi hendaknya dilakukan Cross-Check terlebih dahulu terhadap kebenaran isi pesan tersebut, jangan langsung percaya, apalagi langsung memforwardnya & yang paling penting, memakai logika atau nalar kita.

Hoax itu bisa juga di SMS, misalnya seperti pada hari raya, lalu anda mendapatkan sms yang berisi kata2 serta dibilang jika tidak melanjutkan memforwardnya maka anda akan terkena sial, tapi jika anda memforwardnya minimal kebeberapa nomor, maka anda akan mendapatkan pahala, lalu disertai kesaksian2 bahwa si A kena sial karena tidak memforward, lalu si B dapet pahala karena memforward & Yang diuntungkan jelas provider karena akan ada rantai bercabang terus menerus.
Hoax tidak harus berhubungan dengan dunia komputer, boleh kesehatan, keuangan, kemanusiaan, atau bahkan tentang cuaca. Bisa jadi yang sepele tapi setiap hari digunakan orang, & tujuannye buat nakut2in orang, ciri2nye yaitu dengan membuat keyakinan pembaca agar seperti beneran & logis contohnye yaitu dengan menggunakan istilah2 ilmiah, mencampurkan informasi yang benar & kebohongannya, memberikan data-data berupa angka, menambahkan alamat kantor berita di internet, memberikan “Solusi” yang ngga kalah gebleknye, menambahkan kata-kata ajaib dengan memberikan kesaksian palsu, & memberikan efek forward misalnye seperti boleh dapet dari millis yang berkaitan, kalangan eksklusif, & atau dari profesional or para ahli. Intinye bikin gossip yang bikin orang pade percaya!

Dewasa ini kita seringkali menerima email yang memperingatkan akan adanya ancaman dari suatu virus komputer, atau warning sejenis lainnya. Namun demikian, seringkali warning ini tidaklah benar adanya, melainkan sekedar ingin membuat orang menjadi cemas dan panik. Warning semacam ini diistilah sebagai “HOAX“. Hoax didefinisikan sebagai berita palsu yang memanfaatkan iktikad baik pembaca, sehingga berita tersebut disebarluaskan sehingga lalu lintas peredaran data di internet menjadi makin padat.

Ciri-ciri dari hoax sebagai berikut :
1.Didistribusikan via email, & seringkali memanfaatkan media mailing list.
2.Isinya berisi pesan yang membuat cemas, panik para pembacanya.
3.Diakhiri dengan himbauan agar si pembaca segera memforwardkan warning tsb. ke forum yang lebih luas.
4.Biasanya pengirim awal hoax ini tidak diketahui identitasnya.
Pada intinya ya kita semua  jika sudah dewasa berarti sudah mampu membaca ciri-ciri mana yang HOAX atau bukan ! so jangan mudah percaya terhadap berita-berita sampah. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa

(Sumber : Hoax (http://www.art.itb.ac.id/antosan/  -  image:theonlynelly.com)

Internet Fraud Dan Cara Mencegahnya





Internet Fraud merupakan kejahatan cyber yang memanfaatkan kelemahan segi keamanan dan kebiasaan anda berinternet. Transaksi online yang memanfaatkan data-data rahasia seseorang yang didapatkan dari hasil phising dan spyware. Dengan informasi rahasia anda, oknum bisa bergerak bebas, lambat terdeteksi oleh pihak berwenang, dan yang paling utama adalah anda tidak menyadarinya.

Kebanyakan oknum yang melakukan kejahatan cyber ini mempunyai seribu satu cara untuk merekam data calon korbannya. Pada umumnya, mereka biasa mendapatkan informasi pribadi tersebut dari situs-situs yang bergenre online shopping atau e-commerce. Para pelakunya juga menggunakan email, online chat, forums, dan website palsu untuk menjaring calon korban.

Tindakan apa untuk mencegahnya, pada intinya Internet fraud cukup mudah dikenali. Sama seperti anda menginginkan sesuatu dan kemudian anda mempelajari penawaran-penawaran yang datang kepada anda. Harga tidak bisa menipu kualitas barang. Jika anda menginginkan kualitas yang sempurna maka anda sudah siap untuk membayar mahal. Begitu sebaliknya, jika anda tidak terlalu peduli dengan kualitas maka harga juga pasti akan menyesuaikan (tidak semahal barang-barang yang bagus dan baik kualitasnya). Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melindunginya antara lain:

- Curigalah kepada seseorang yang mengirimkan email dan meminta anda untuk memasukkan data-data rahasia (pribadi).
-  Tidak merespon email dari alamat yang tak dikenal.
- Jangan pernah memberikan informasi pribadi apa pun kepada seseorang yang baru anda kenal, kecuali anda sudah memeriksa siapa mereka dan untuk apa mereka membutuhkan data-data tersebut.
- Selalu periksa segi keamanan website ketika anda sedang melakukan transaksi online (e-commerce/online shopping). Bacalah privacy policy yang disediakan oleh mereka, terutama mengenai ketersediaan fitur enkripsi data. Jangan terlalu gampang mengumbar nomor kartu kredit atau alamat pengiriman anda.
- Pahamilah istilah-istilah refund, return, garansi (warranty policies) yang bisa ditemukan pada Privacy Policy website bersangkutan.
-  Pasang anti-virus, anti-spyware, dan software anti-malware yang terkini (updated).

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa..
(image source:123rf.com)

Phising


Pada postingan kali ini saya akan berbagi terutama untuk para bloger newbie seperti saya tentunya sekaligus menambah artikel postingan blog saya. Kali ini saya ambil judul artikel mengenai Phising, apa itu Phising? atau dikenal juga sebagai Brand spoofing atau Carding adalah sebuah bentuk layanan yang menipu anda dengan menjanjikan keabsahan dan keamanan transfer data yang anda lakukan. Phising menyerang melalui email, pesan-pesan yang terdisplay di jendela peringatan (pop-up windows), atau situs-situs milik pemerintah, organisasi, ataupun institusi resmi.

Darimana Phising itu berasal? – Pelaku phising akan meminta anda memasukkan data-data rahasia pribadi anda seperti informasi account bank anda atau mereka akan meminta update aplikasi yang pernah anda install, validasi dan konfirmasi account, dsb. Karakterisitik phising yang utama dan mudah dikenali adalah ‘update’ dengan alasan hal ini (konfirmasi ulang atau re-registered) perlu dilakukan karena proses konfirmasi atau pendaftaran yang sebelumnya telah gagal.

Apa efek yang ditimbulkan kepada komputer kita?  Selain bahaya spam (informasi yang tidak penting dan mengganggu yang muncul berulang-ulang), phising tidak mempengaruhi sistem operasi pada komputer anda. Namun efek yang lebih serius dan sangat berbahaya adalah kehilangan akses kepemilikan pribadi. Seperti uang yang anda simpan di bank, tagihan kartu kredit yang tidak seperti biasanya, atau bahkan anda diharuskan membayar beberapa tagihan sekaligus dan belum pernah anda lihat sebelumnya.

Cara menanggulanginya?
*Abaikan semua email atau instant message (chat) yang datang dari orang yang tidak anda kenal.
*Jangan pernah membuka attachments email yang datangnya dari orang yang tak dikenal.
*Lindungi password anda dan simpanlah dengan aman.
*Jangan memberikan informasi-informasi penting, seperti: nomor telepon melalui email, kecuali anda mengetahui dengan pasti siapa yang ada diujung sebelah sana.
*Cek keamanan situs yang anda kunjungi sebelum mengirimkan informasi-informasi penting kepada mereka.
*Perhatikan alamat situs (URL) yang ada di address bar browser anda, jika mencurigakan sebaiknya jangan diteruskan.
*Instal software anti-virus,
aktifkan firewalls, dan filter email.
*Update browser yang sering anda gunakan dan install plug-in security yang direkomendasikan.

Sekian dulu postingan kali ini semoga bermanfaat dan sampai jumpa…
(source image:www.niu.edu)

Trik Pemakaian Kartu Kredit



Ekpansi kartu kredit di Indonesia sedang dilakukan secara besar-besaran. Hal ini juga ditunjang dengan kebiasaan konsumtif orang indonesia. Banyak orang-orang indonesia yang termasuk 'berpenyakit' belanja atau Impulsive Shopper. Target pasar ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para penerbit kartu kredit untuk menggaet orang-orang yang gila belanja.

Pemasaran yang sangat agresif dari penerbit kartu kredit dapat mengakibatkan konsumen lebih konsumtif lagi dan menciptakan pasar konsumen baru yang sebelumnya tidak atau kurang konsumtif menjadi pasar yang konsumtif. Perilaku ini akan sangat berbahaya dimana resiko gagal bayar atau kredit macet dari kredit konsumsi ini akan sangat tinggi seperti yang sedang terjadi di negara maju seperti di Amerika Serikat dan Korea untuk negara Asia.

Terdapat beberapa pos-pos pemasukan bagi perusahaan kartu kredit yaitu bunga dari saldo hutang yang tidak terbayar oleh pemilik kartu kredit, biaya-biaya yang dibebankan kepada pemilik kartu kredit, biaya-biaya yang dibebankan kepada pemilik toko yang barangnya dibeli oleh konsumen dengan menggunakan kartu kredit.

Sebagai Perencana Keuangan dan Konsumen ada baiknya kita mengetahui bagaimana cara kerja sebuah kartu kredit dan bagaimana cara perusahaan kartu kredit mendapatkan keuntungan (make money) dari bisnis mereka sehingga kita bisa mengantisipasinya.

1. Hati-hati dengan biaya keterlambatan pembayaran

Seperti judul, biaya keterlambatan akan dikenakan kepada pemilik kartu kredit yang tidak melakukan pembayaran kartu kredit dengan nominal pembayaran minimum setelah jatuh tempo. Secara rata-rata jumlah biaya keterlambatan pembayaran adalah sebesar 5% dari nominal pembayaran minimum atau minimal Rp. 25,000 dan maksimal Rp. 75,000. Harus diketahui secara lebih detil kapan sebenarnya perusahaan kartu kredit menerima pembayaran kita serta kapan biaya keterlambatan dikenakan. Harus diwaspadai juga pembayaran melalui ATM atau secara online dimana biasanya akan memakan waktu 2 hari sebelum pembayaran kita diterima oleh penerbit kartu kredit. Serta harus diingat pula bahwa semua pembayaran dengan menggunakan ATM atau secara online akan dikenakan biaya yang besarannya antara Rp. 2,000 sampai Rp. 5,000 per transaksi.

2. Hati-hati dengan biaya pelampauan batas kredit

Biaya ini dikenakan kepada pemilik kartu bila pemakaian kartu melewati batas kredit (pagu kredit) yang telah ditentukan. Dengan kartu kredit, peminjam dapat diberikan batasan kredit mulai dari dua juta rupiah sampai puluhan juta atau bahkan ratusan juta rupiah. Pada saat kartu kredit pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat, pemilik kartu kredit tidak dapat menggunakan kartu kredit melebihi jumlah kredit yang telah ditentukan. Apabila mereka melakukan pembelian dengan nominal melebihi batasan kredit tersebut permohon pembelian tersebut akan ditolak karena telah lewat batas kredit.

Sekarang hal tersebut tidak lagi terjadi. Penerbit kartu kredit melihat ada peluang untuk mendapatkan dana dari ketidak hati-hatian pemilik kartu kredit dalam perhitungan dan melakukan transaksi. Saat ini banyak dari penerbit kartu kredit memperbolehkan pemilik kartu kredit untuk melakukan pembelian melebihi batas kredit yang telah ditentukan dan mereka dikenakan biaya kelebihan batas kredit sampai dengan batas pembelian tersebut kembali ke batas kredit normal yang diberikan oleh penerbit kartu kredit. Biaya yang dikenakan antara Rp. 35,000 sampai Rp. 75,000 per bulan sampai batas kelebihan penggunakan kembali normal.

3. Hati-hati dengan penalty APR

Meskipun penalty APR belum diterapkan di Indonesia, bukan mustahil dengan semakin kompetitifnya pemasaran kartu kredit akan dilakukan dikemudian hari. Penalty APR biasanya dimulai dengan iming-iming APR atau suku bunga kartu kredit yang rendah contohnya 1.75% per bulan. Apabila pemilik kartu kredit melakukan satu kali kesalahan misalnya terlambat membayar atau melampaui batas kredit, maka selain dikenakan biaya atas kesalahan tersebut serta merta suku bunga atau APR akan dinaikkan oleh penerbit kartu kredit melebihi dari standar bunga yang berlaku misalnya menjadi 4% per bulan.

4. Hati-hati dengan biaya transfer saldo hutang

Biaya transfer saldo hutang biasanya dikenakan ketika pemilik kartu kredit mendapatkan kartu kredit baru dan menggunakannya untuk membayar saldo hutang pada kartu kredit yang lama. Hal ini biasanya dilakukan apabila kartu kredit baru memberikan penawaran yang lebih menarik (biasanya suku bunga/ APR yang lebih rendah).

Apabila biaya ini dikenakan untuk saldo hutang yang ditransfer maka pemilik kartu kredit harus menghitung lagi apakah bunga rendah di kartu kredit yang baru memberikan penghematan yang lebih besar apabila saldo hutang yang ditransfer dikenakan biaya transfer.

Pemilik kartu kredit diharapkan juga berhati-hati dengan iming-iming suku bunga yang lebih rendah akan tetapi hanya berlaku untuk beberapa bulan pertama (biasanya sekitar enam bulan), kemudian suku bunga akan kembali ke suku bunga awal atau terkadang lebih tinggi dari suku bunga dikartu kredit yang lama.

5. Hati-hati dengan biaya penarikan uang tunai
Penarikan uang tunai dapat dilakukan dengan mengurangi batas kredit yang telah ditentukan. Untuk di Indonesia dana yang tersedia untuk ditarik tunai adalah sebesar 60% dari batas kredit yang diberikan.
Hampir semua penerbit kartu kredit akan mengenakan biaya apabila pemilik kartu kredit mengambil dana tunainya. Biasanya biaya akan dikenakan sebesar 4% dimuka ketika pemilik kartu kredit menarik uang tunai. Kemudian penerbit kartu kredit akan mengenakan suku bunga atau APR yang lebih tinggi untuk hutang uang tunai yang ditarik kartu kredit dibandingkan apabila menggunakan kartu kredit untuk berbelanja.
Secara rata-rata penerbit kartu kredit akan mengenakan suku bunga antara 3.50% - 4.00% per bulan untuk uang tunai yang ditarik, lebih besar dibandingkan maksimal 3.25% per bulan untuk hutang yang dipakai berbelanja dengan kartu kredit.

(Sumber artikel ini ditulis oleh : deka adrianto utomo-merdeka.com)
Blog flamboyan68.blogspot.com
Apabila anda ingin mendapatkan artikel terbaru dari blog flamboyan68 lewat pesan email gratis. Silahkan tulis alamat email anda di kotak yang tersedia bawah ini


Supported by Blogaul

Sobat Blogger