Artikel Terbaru

Cara Sederhana Mempercepat Startup Windows


"..Pada artikel kali ini saya akan berbagi info buat agan-agan yang sama seperti saya new comer hehehe..artikelnya mengenai cara yang simple startup window. ok gan sedot langsung aja ya..


Pada bagian ini saya mencoba membahas tentang bagaimana cara untuk mempercepat proses startup windows pada saat booting. Sehingga komputer kita akan lebih cepat masuk windows pada saat dijalankan.

Berikut tahapan-tahapannya :
1. Atur Startup Windows, hal ini dilakukan untuk memilih program yang menurut anda penting   diload pada saat startup atau tidak. cara mengatur startup sebagai berikut :
Buka jendela RUN (kombinasi tombol Windows + R) kemudian ketikkan msconfig.
Kemudian pada tab Startup kosongkan (uncheck) pada program-program yang anda anggap tidak perlu (untuk mengetahuinya anda lihat pada bagian command kalau menuju program files berarti anda dapat mematikannya)
Bila sudah tekan tombol OK, akan muncul pemberitahuan untuk merestart komputer, anda dapat merestart pada saat itu juga, atau anda dapat menangguhkannya sampai anda selesai.

2. Hapus shortcut-shortcut program yang anda anggap tidak atau jarang digunakan, baik itu pada desktop, quicklaunch, dan startmenu.

3. Gunakan hanya satu antivirus saja yang anda percayai seperti penulis hanya menggunakan Avira Antivirus.

4. Masuk Windows Explorer lalu masuk ke folder drive C >>Windows >> Prefecth. hapus file yang terdapat pada folder Prefecth.

5. Jangan gunakan wallpaper yang mempunyai ukuran file yang besar.

6. Bila anda mampu untuk membeli membeli memory tambahan, upgrade memory yang anda miliki.

Sekian dulu postingan kali ini gan semoga artikelnya bermanfaat dan sampai jumpa...


Cara Mengajarkan Komputer Kepada Anak






Dalam mengajarkan komputer kepada anak, dimana komputer memiliki keunggulan dalam hal interaksi, dan menumbuhkan minat belajar mandiri bagi anak. Tetapi interaksi komputer dengan anak belum dapat menggantikan interaksi orang tua atau guru dengan anak. Ada beberapa hal yang harus anda ketahui : program aplikasi komputer (software), dunia internet semakin berarti bagi anak-anak. Internet memungkinkan anak mengambil dan mengolah ilmu pengetahuan ataupun informasi dari situs-situs yang dikunjunginya tanpa adanya batasan jarak dan waktu. Di samping itu masih ada manfaat lain yang didapat dari internet, misalnya surat menyurat (E-mail), berbincang (chatting), mengambil/mengirim informasi (download/upload). Dalam kaitan ini, dalam proses belajar komputer, akan melahirkan suasana yang menyenangkan bagi anak. Gambar-gambar dan suara yang muncul juga membuat anak tidak cepat bosan, sehingga dapat merangsang anak mengetahui lebih jauh lagi. Sisi baiknya, anak dapat menjadi lebih tekun dan terpicu untuk belajar berkonsentrasi.

Untuk lebih amannya anda dapat memasukan anak anda ketempat kursus (kursus komputer), sehingga anak anda dalam proses belajar komputer dapat berjalan dengan baik dan dapat pengarahan juga dari guru les komputer tersebut, atau lebih nyaman anak dapat memanggil guru privat komputer kerumah anda.

Akses negatif lewat internet

Pengaruh negatif lain, adalah terbukanya akses negatif anak dari penggunaan internet. Mampu mengakses internet sesungguhnya merupakan suatu awal yang baik bagi pengembangan wawasan anak. Sayangnya, anak juga terancam dengan banyaknya informasi buruk yang membanjiri internet.

Melalui internetlah berbagai materi bermuatan seks, kekerasan, dan lain-lain dijajakan secara terbuka dan tanpa penghalang.

Mengajarkan internet bagi anak, di zaman sekarang merupakan hal penting. Hanya saja, demi mencegah dampak negatifnya, ada beberapa hal yang harus dilakukan orangtua :

1. Guru atau orangtua yang seharusnya mengenalkan internet pada anak, bukan orang lain. Mengenalkan internet berarti pula mengenalkan manfaatnya dan tujuan penggunaan internet. Karena guru atau orangtua terlebih dahulu harus “melek”media dan tidak gaptek. Seringkali anaknya sudah Pandai, sementara guru atau orangtuanya tidak tahu apa-apa. Tidak tahu bagaimana membuka internet, juga tidak tahu apa-apa soal games yang suka dimainkan anak. Dan ini sangat beresiko terhadap perkembangan anak dalam berkemampuan dalam mengeksplore internet (komputer)

Selalu gunakan software yang dirancang khusus untuk melindungi anak. Yaitu dengan memproteksi segala akses yang berbau seks atau kekerasan dan lain-lain.

Letakkan komputer di ruang terbuka seperti ruang komputer, perpustakaan, ruang keluarga, dan bukan di dalam kamar anak. Meletakkan komputer di dalam kamar anak, akan mempersulit guru atau orangtua dalam hal pengawasan. Anak bisa leluasa mengakses situs porno atau menggunakan games yang berbau kekerasaan dan sadistis di dalam kamar terkunci. Bila komputer berada di ruang keluarga, keleluasaannya untuk melanggar aturan pun akan terbatas karena ada anggota keluarga yang mengawasi.

Peran penting orangtua

Menimbang unsur positif dan negatif mengenalkan komputer pada anak, pada akhirnya memang amat tergantung pada kesiapan orangtua dalam mengenalkan dan mengawasi anak saat bermain komputer. Karenanya kepada semua orangtua perlu diingatkan peran penting mereka dalam pemanfaatan komputer bagi anak.

1. Berikan kesempatan pada anak untuk belajar dan berinteraksi dengan komputer sejak dini. Apalagi mengingat penggunaan komputer adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari pada saat ini dan masa yang akan datang.

2. Perhatikan bahwa komputer juga punya efek tertentu, termasuk pada tubuh atau fisik pengguna (user). Selalu memperhatikan  masalah tata letak, tata ruang dan pencahayaan. Cahaya yang terlalu terang dan jarak pandangan terlalu dekat dapat mengganggu indera penglihatan anak.

3. Pilihlah perangkat lunak (software) tertentu yang memang ditujukan untuk anak-anak. Sekalipun yang dipilih merupakan program komputer seperti edukasi,entertainment ataupun games, sesuaikan  dengan usia dan kemampuan anak.

4. Selalu memperhatikan safety (keamanan) anak saat bermain komputer dari bahaya listrik. Jangan sampai terjadi korsleting atau terkena bagian tertentu dari badan Central Processing Unit (CPU) komputer.

5. Carilah meja atau kursi yang sesuai  dengan  ukuran tubuh anak, sehingga nyaman bagi anak sehingga anak dapat memakainya dengan mudah. Jangan sampai mousenya terlalu tinggi, atau kepala harus mendongak yang dapat menyebabkan kelelahan. (sumber: image http://atigashare.blogspot.com - http://simpangblogger.blogspot.com/2012/05/tips-mengajarkan-computer-kepada-anak.html)

Sekian dulu postingan saya kali ini semoga bermanfaat dan sampai jumpa...

Demam Berdarah Tidak Ada Obatnya



Banyak kabar yang beredar di masyarakat kalau terkena demam berdarah diberikan jus jambu atau angkak. Namun sebenarnya tidak ada obat untuk demam berdarah, tapi hanya andalkan banyak cairan.

"Demam berdarah tidak ada obatnya, tapi hanya bermain cairan," ujar Dr Rita Kusriastuti, MSc Direktur Pengendalian Penyakit bersumber Binatang (P2B2) Ditjen P2PL Kemenkes RI dalam acara peringatan pelaksanaan Asean Dengue Day ke-2 di Amilun Convention Hall, Medan.

Dr Rita menuturkan pertolongan pertama untuk demam berdarah adalah memberikan cairan, mau jus jambu, sari kurma atau angkak yang terpenting memberikan cairan ke dalam tubuh. Lalu pantau pada hari ketiga dan kelima yaitu saat masa kritis.

Hal ini karena pada orang demam berdarah terjadi kebocoran di pembuluh darah sehingga harus diberikan banyak minum untuk mengganti cairan agar trombosit tidak makin turun. Tapi pemberian cairan ini jangan dipaksa hanya sekuatnya saja.
"Pada hari kelima trombosit akan naik sendiri meski hanya minum air putih, karena tubuhnya sudah bisa memperbaiki diri sehingga kadar trombositnya naik. Tapi kalau virusnya ganas maka kebocoran bisa parah dan harus dirawat di rumah sakit," ungkapnya.
Dr Rita menjelaskan dalam menangani kasus demam berdarah hanya perlu bermain dengan cairan, saat terjadi kebocoran harus banyak minum, tapi saat kebocorannya sudah selesai maka dalam waktu 2x24 jam asupan cairan harus dikurangi.

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai bentuk pertolongan pertama terhadap penderita demam berdarah yaitu:
1. Memberikan minum sebanyak mungkin.
2. Kompres agar panasnya turun.
3. Memberikan obat penurun panas.
4. Jika dalam waktu 3 hari demam tidak turun atau malah naik segera bawa ke rumah sakit atau puskesmas.
5. Jika tidak bisa minum atau muntah terus menerus, kondiai bertambah parah, kesadaran menurun atau hilang maka harus dirawat di rumah sakit.

Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan oleh nyamuk aedes aegypti. Penderita biasanya mengalami panas tanpa sebab yang jelas dan disertai tanda-tanda pendarahan sekurang-kurangnya kadar trombosit kurang dari 100.000/mm3.

Sekian dulu postingan kali ini semoga bermanfaat dan sampai jumpa..
sumber: detikhealth

Cara Menghindari Spam




Tips Menghindari Spam, Jika Anda sering menerima SPAM? Tentu hal yang tidak Anda inginkan bila setiap menerima email juga harus menerima SPAM.

Beberapa rangkuman tips dari beberapa sumber yang dapat Anda lakukan untuk menghindari SPAM:
1) Jangan menggunakan “catchall email” pada setiap domain yang Anda gunakan. Seting catchall ini menyebabkan Anda menerima sembarang email yang ditujukan ke domain Anda.

2) Jangan mendaftarkan email Anda di sembarang formulir pendaftaran online, lebih baik gunakan email gratisan atau email cadangan Anda yang bukan merupakan email utama Anda

3) Ganti cara penulisan saat mencantumkan alamat email Anda pada website. Misalnya bila sebelumnya menuliskan alamat email dengan text, coba gunakan gambar atau kode javascript tertentu atau gunakan formulir.

4) Jangan sekali-kali melakukan klik pada setiap link disetiap SPAM yang Anda terima!

5) Jangan melakukan “unsubscribe” karena SPAMmer justru dapat memastikan bahwa email Anda diterima dengan baik.

6) Bila menggunakan email client untuk membaca email seperti outlook express, pastikan sedapat mungkin membaca email dengan “plain text” bukan html.

7) Gunakan software anti SPAM, anti virus, anti spyware dan firewall di pc Anda.

Semoga postingan  ini bermanfaat buat anda dan sampai jumpa...

Pengertian Debug



DEBUG adalah alat bantu dalam perancangan peralatan berbasis mikro-prosesor, karena dapat mencapai tingkat perangkat keras yang paling dalam dari suatu komputer, misal menulis informasi ke dalam boot sector, direktori, FAT, menjalankan interupsi BIOS atau DOS


Hal-hal penting dalam Debug :
*Hanya mengenal dan selalu bekerja dengan bilangan-bilangan heksadesimal
*Bekerja dengan penunjukan ke alamat-alamat memori memakai format segment : offset.
*Kemampuan mengakses daerah "very low level access" (software / hardware). Setiap jenis komputer (mainframe, minicomputer, microcomputer) memiliki sarana debugging berbeda.



Langkah mengaktifkan DEBUG.EXE / DEBUG.COM :
a> Debug (enter)

Perintah DEBUG
1. R (Register)
Untuk menampilkan informasi komposisi register-register di dalam mikroprosesor, alamat memori, serta isi dari alamat memori tersebut yang mungkin berupa instruksi yang akan dilaksanakan oleh komputer, atau data.

Contoh :
A:\>DEBUG (enter)
r (enter)
AX=0000 BX=0000 CX=0000 DX=0000 SP=FFEE BP=0000 SI=0000 DI=0000
DS=29E7 ES=29E7 SS=29E7 CS=29E7 IP=0100 NV UP EI PL NZ NA PO NC
29E7:0100 0114 ADD[SI],DX DS:0000=20CD

AX, BX, CX, DX, SP, BP, SI, DI, DS, ES, SS, CS, dan IP adalah register internal mikroprosesor yang dipakai dalam CPU.
NV, UP, EI, PL, NZ, NA, PO, dan NC adalah output dari sebuah register yang disebut register status atau register flag.
Angka 29E7:0100 adalah alamat lokasi memori dengan format segment:offset.
 
Kedua nilai tersebut merupakan kombinasi antara register CS (Code Segment)
dengan IP (Instruction Pointer).
0114 adalah isi alamat memori bersangkutan, byte ke-1 berisi nilai '01', dan byte ke-2 berisi nilai '14'. Karena setiap alamat memori berisi satu byte, tentunya nilai 01 itulah yang berdiam pada alamat offset 0100, sedangkan nilai 14 ada di alamat 0101 ADD[SI],DX adalah terjemahan intruksi dari alamat memori bersangkutan.

Untuk mengubah nilai-nilai register internal dapat menggunakan perintah :
• RAX = mengubah nilai register AX
• RBX = mengubah nilai register BX
• RCX = mengubah nilai register CX
• RDX = mengubah nilai register DX
• RSP = mengubah nilai register SP
• RBP = mengubah nilai register BP
• RSI = mengubah nilai register SI
• RDI = mengubah nilai register DI
• RDS = mengubah nilai register DS
• RES = mengubah nilai register ES
• RSS = mengubah nilai register SS
• RCS = mengubah nilai register CS
• RIP = mengubah nilai register IP

Sebagai contoh untuk mengubah nilai register AX dari nilai '0000' ke nilai '1111' :
A:\>Debug (enter)
-RAX (enter)
AX 0000
: 1111 (diisi setelah ':' dan enter)

Contoh diatas juga berlaku untuk register internal lainnya dan untuk diperhatikan bahwa angka-angka yang dimasukkan kedalam register harus nilai heksadesimal.

2. D (Dump)
Berfungsi untuk melihat isi blok memori.
Contoh :
A:\>Debug (enter)
-d 0100 (enter)

Hasil yang diperoleh : (import dari sidekick ke text !)

Dari tampilan tersebut, terbagi menjadi 3 bagian, yaitu :
• Bagian kiri : menampilkan alamat-alamat memori dengan format segment:offset
• Bagian tengah : menampilkan angka-angka dalam heksadesimal sebagai isi dari alamat-alamat memori
• Bagian kanan : menampilkan kode-kode karakter ASCII sebagai terjemahan dari angka heksadesimal tersebut
Debug hanya akan memperlihatkan 96 jenis karakter ASCII tercetak (printable character), mulai dari nilai desimal 33 - 127. Di luar nilai itu, karakter yang ditampilkan hanyalah berupa tanda titik (dot atau period).

Beberapa parameter yang dapat digunakan :
• L (length / panjang)
Memiliki arti menampilkan data sepanjang 2 byte, bila parameter 'L' tidak diberikan, maka otomatis akan ditampilkan 128 byte data.
-D 0100 L 2 (enter)
• Alamat awal - alamat akhir
-D 0100 01FF (enter)
• Alamat segment:offset
-D FFFF:0000 (enter)
• Alamat segment:offset sampai segment:offset
-D F000:E000 F000:E000 (enter)

3. U (Unassemble)
Berfungsi untuk menampilkan listring dari suatu program bahasa mesin.
Contoh :
A:\>Debug (enter)
-U FFFF:0000 (enter)

Hasil : import dari sidekick ke text !

Beberapa bentuk perintah 'U' :
• U F000:E05B (enter)

4. E (enter)
Berfungsi untuk mengisi atau mengubah data dalam memori.
Contoh :
A:\>Debug (enter)
-E 0100 (enter)

Hasil :
-E 0100
29E7:0100 01.

Setelah angka 01, dapat dimasukkan nilai untuk mengganti angkat tersebut langsung di belakangnya yang diakhir dengan menekan ENTER atau menekan SPACE BAR untuk berpindah ke alamat berikutnya atau menekan tanda '-' (Hyphen) untuk mundur ke lokasi sebelumnya.

5. F (Fill)
Berfungsi untuk mengisi lokasi memori. Perbedaan dengan perintah 'E (Enter)', yang menawarkan modifikasi memori secara satu alamt demi satu alamat, sedang 'F (Fill" untuk mengubah isi alamat memori dalam jumlah besar, sesuai dengan rentang (range) yang dikehendaki.
Contoh :
A:\>Debug (enter)
-F 0100 017F 58 (enter)
Berarti isilah mulai alamat offset 0100 sampai offset 017F dengan nilai heksa 58 (karakter ASCII 'x').
atau
- F F 0100 017F 'x' (enter)

Beberapa bentuk perintah 'F' :
• F 0100 L 1 41 (enter)
Arti : mulai offset 0100 sebanyak 1 byte diisi dengan nilai heksa 41 (karakter ASCII 'A').

6. C (Compare)
Berfungsi untuk membandingkan isi sebuah blok memori dengan isi blok memori lainnya.
Format perintah : C alamat1 panjang alamat2
Contoh :
A:\>Debug (enter)
-C 0100 L 10 0200 (enter)
Berarti mulai offset 0100 sebanyak 16 byte (10 heksa) bandingkan dengan offset 0200. Hasil yang dimunculkan hanyalah nilai-nilai yang berbeda setiap alamat.
Apabila dilayar tidak memberikan reaksi apapun selain kembali ke prompt '-' atau hyphen, berarti kedua blok memori persis sama.

7. S (Search)
Berfungsi untuk mencari data baik yang berupa karakter maupun untaian karakter (string) di dalam suatu blok memori tertentu.
Apabila dalam pencarian, data yang dicari diketemukan, maka akan ditampilkan semua alamat dari data tersebut lengkap dengan nilai segment dan offsetnya, sebaliknya bila tidak diketemukan akan kembali ke prompt '-'.

Format perintah : S alamat awal panjang alamat akhir

Contoh :
A:\>Debug (enter)
-S F000:E000 L FF "IBM" (enter)
Berarti mulai alamat F000:E000 sebanyak FFh byte cari string "IBM".
-S F000:E000 L FF "A" (enter)
Berarti mulai alamat F000:E000 sebanyak FFh byte cari string "A"..

8. M (Move)
Berfungsi untuk memindahkan atau menyalin data yang ada di suatu lokasi memori ke alamat memori lainnya.
Format perintah : M alamat asal panjang alamat tujuan

Contoh :
A:\>Debug (enter)
-M 0100 L 7F 0200 (enter)
Berarti mulai alamat offset 0100 sebanyak 7Fh byte isi memorinya pindahkan atau kopikan ke offset 0200.

Dari pembahasan perintah-perintah DEBUG dapat disimpulkan bahwa DEBUG dibuat dengan tujuan untuk dapat mengeksplorasi program-program yang sudah dibuat berikut segala dampaknya terhadap sistem dan aplikasi, sedangkan ASSEMBLY diadakan dengan untuk mempermudah seorang programmer dalam menyusun instruksi-instruksi pada sebuah program yang sedang dibuat.


INSTRUKSI-INSTRUKSI MIKROPROSESOR
Untuk dapat mempergunakan serta memanfaatkan sebuah mikroprosesor, kita harus mengenal terlebih dahulu instruksi-instruksi yang bisa dijalankan oleh mikroprosesor yang bersangkutan. Karena pada hakekatnya, seluruh kemampuan yang ada pada mikroprosesor terletak pada kecanggihan perintah-perintah yang terdapat didalamnya. Tanpa adanya instruksi-instruksi yang membentuk sebuah program, mikroprosesor tidak lebih hanya merupakan serpihan tanpa guna. Setiap mikroprosesor mempunyai perbendaharaan instruksi sendiri-sendiri, yang disebut dengan 'Set Instruksi' atau 'Instruction Set'.

Operasi, Operator dan Operand
Pada dasarnya mikroprosesor mampu melakukan beberapa jenis operasi, antara lain operasi perhitungan (arithmetic), operasi logika (logical operation), operasi transfer data (data transfer operation), manipulasi string serta kendali prosesor.
Masing-masing jenis instruksi tersebut adalah sebagai berikut :
a. Perhitungan
ADD (penjumlahan), SUB (pengurangan), MUL (perkalian), DIV (pembagian)
b. Logika
AND (logika DAN), OR (logika OR), XOR (logika Exclusive OR)
c. Transfer Data
MOV (pindahkan/salin), IN (Input), OUT (Output), dan sebagainya.
d. Transfer Kendali
JMP (loncat), CALL (panggil), RET (kembali), INT (interupsi), dsb
e. Manipulasi String
MOVS (pindahkan/salin string), CMPS (bandingkan string), LODS (muatkan byte/word ke register AX), dan sebagainya.
f. Kendali Prosesor
CLC (hilangkan bawaan/carry), CLI (hilangkan interupsi), dan sebagainya.

Pada instruksi-instruksi komputeri, operator diterapkan sebagai Operation-Code (Op-Code), sedangkan bilangan disebut Operand (adalah obyek dari suatu operasi).

Operasi Transfer Data
1. Pemindahan data dari data register ke register
Format : MOV register, register
Contoh :
-a 0100 (enter)
xxxx : 0100 mov AX,DX (enter)
xxxx : 0102 (enter)

2. Pemindahan data dari memori ke register
Format : MOV register, memori
Contoh :
-a 0100 (enter)
xxxx : 0100 mov BX,[0200] (enter)
xxxx : 0104 (enter)

3. Memindahkan data langsung ke dalam register
Format : MOV register, bilangan
Contoh :
-a 0100 (enter)
xxxx : 0100 mov AX,1111 (enter)
xxxx : 0103 mov BX,2222 (enter)
xxxx : 0106 mov CX,3333 (enter)
xxxx : 0109 mov DX,4444 (enter)
xxxx : 010C (enter)

-a 0100
xxxx : 0100 mov AH,FFFF (enter)
xxxx : 010C (enter)
Apa yang terjadi ? Beri alasan !

4. Memindahkan data dari register ke memori
Format : MOV memori, register
Contoh :
-a 0100
xxxx : 0100 mov [0200],AX (enter)
xxxx : 0103 (enter)

5. Pertukaran data antar register
Format : XCHG register, register
Contoh :
-a 0100
xxxx : 0100 xchg AX,BX (enter)
xxxx : 0102 (enter)

Operasi Aritmatik
1. Menjumlahkan dua bilangan dengan perintah ADD
Format : ADD register,register
2. Mengurangkan dua bilangan dengan perintah SUB
Format : SUB register,register
3. Perkalian dua bilangan dengan perintah MUL
Format : MUL register
4. Membagi dua bilangan dengan perintah DIV
Format : DIV register

Operasi Logika
1. Instruksi logika AND
Format : AND register,register
2. Instruksi logika OR
Format : OR register,register
3. Instruksi logika XOR
Format : XOR register,register

Sekian dulu postingan saya kali ini semoga bermanfaat dan sampai jumpa.....
Blog flamboyan68.blogspot.com
Apabila anda ingin mendapatkan artikel terbaru dari blog flamboyan68 lewat pesan email gratis. Silahkan tulis alamat email anda di kotak yang tersedia bawah ini


Supported by Blogaul

Sobat Blogger